Cara Hidup Sehat ala Mahasiswa Pt. 1

Kuliah merupakan aktivitas utama bagi para mahasiswa. Mulai dari mengerjakan tugas, mendengarkan ajaran dosen, hingga ikut aktif dalam himpunan maupun organisasi kampus. Namun semua aktivitas tersebut tidak akan berjalan lancar jika kita sakit. Oleh sebab itu, kita sebagai mahasiswa harus menjaga kesehatan. Bagaimana kita dapat menjaga kesehatan? Gampang! Hanya dengan menjaga pola hidup saja sudah cukup.

Cara menjalankan pola hidup sehat sebenarnya tidak lah susah, sederhana dan mudah saja untuk dilakukan terutama bagi mahasiswa seperti kita. Kamu hanya perlu memperhatikan kebiasaan kecil sehari-hari dan merubah kebiasaan buruk.

Memiliki badan sehat tidak harus selalu mengeluarkan biaya yang mahal. Namun faktanya, banyak orang rela mengeluarkan biaya besar untuk menjaga penampilan dan kesehatan tubuhnya. Berikut adalah cara hidup sehat ala mahasiswa:

  1. Atur Pola Makan Sehat
    Pilihlah makanan yang memenuhi kebutuhan diri. Perbanyak makan sayuran, buah-buahan ( terutama pisang, apel, anggur, jeruk, kiwi, pir), serta makanan yang mengandung protein nabati dan protein tanpa lemak. Jangan menghitung kalori tetapi hitunglah kualitas. Kualias pola makan sehat akan terlihat pada kulit, rambut, kuku, berat badan dan suasana. Nah, khusus bagi kita, mahasiswa, jangan pernah melewatkan sarapan di pagi hari. Karena pada pagi hari tubuh berada pada proses penyerapan gizi terbaik dalam satu hari.
  2. Mulailah Bergerak 
    Olahraga secara teratur merupakan salah satu cara hidup sehat yang harus dilakukan. Tidak perlu latihan berat yang menguras energi dan waktu, tidak perlu membuang-buang uang dengan pergi ke pusat kebugaran, cukup jalan-jalan rutin di sekitar halaman rumah kamu atau cukup mengikuti UKM olahraga yang ada di kampus kamu.
    Ingat! Bergerak akan membuat jantung tetap sehat, metabolisme terjaga serta terhindar dari stres. Olahraga ringan yang rutin serta teratur merupakan cermin seseorang melakukan pola hidup sehat sederhana.
  3. Tertawalah 
    Tahukah kamu bahwa tertawa dapat membakar kalori tanpa disadari. Jika seseorang tertawa selama 10-15 menit, maka kalori terbakar sebanyak 10-40 kalori. Tertawa juga ternyata menyehatkan jantung karena akan melatih otot diafragma, selain tertawa dapat meningkatkan kadar immunoglobulin sebesar 14% yang berguna untuk memerangi penyakit.Hal ini sudah terbukti pada penelitian yang dilakukan oleh Oxford University dan penelitian lainnya.

Nah diatas merupakan 3 cara hidup sehat yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Yuk segera mulai hidup sehat dari sekarang. Nantikan part 2 nya ya!