Mengenal lebih jauh tentang Proliga Indonesia

Sumber Gambar : http://cdn2.tstatic.net/solo/foto/bank/images/logo-proliga-2017_20170409_230404.jpg

 

Proliga adalah kompetisi bola voli profesional tahunan di Indonesia. Proliga pertama kali dilaksanakan pada tahun 2002 tepatnya dari tanggal 1 Februari sampai dengan 7 April 2002 dan digelar di lima kota yaitu: Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta dan Gresik.

Proliga adalah kompetisi yang merupakan terobosan ketua umum Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) pada saat itu Rita Subowo yang kini menjabat sebagai Ketua KONI Pusat. Rita Subowo menjadikan kompetisi bola voli profesional Proliga menjadi kalender olahraga sejak tahun 2002.

Pada tahun 2013, kompetisi yang mulai bergulir dari  tanggal 15 Februari diikuti oleh 14 klub bola voli  dan akan memperebutkan hadiah total Rp. 1 Milyar  di final yang akan berlangsung pada tanggal 5 Mei nanti.

Proliga 2013 melakukan road show di 9 kota yakni Jakarta, Palembang, Solo, Banyuwangi, Gresik, Magetan, Semarang , Yogyakarta dan Bandung. Yogyakarta akan menjadi tuan rumah untuk babak semifinal atau final four sementara final akan dilaksanakan di Bandung. Sangat disayangkan sekali dua klub bola voli Bandung Tectona dan Alko tidak ikut dalam Proliga tahun ini karena masalah internal klub seperti dilansir volimania.org

Di bagian putra, ada 7 klub peserta bola voli  yang ikut andil dalam Proliga tahun ini. Mereka adalah Jakarta Sananta Indocement, Palembang Bank Sumsel, Jakarta Elektrik PLN, Semarang Bank Jateng, Surabaya Samator, Jakarta Pertamina Energi dan Jakarta BNI 46 yang merupakan pengoleksi gelar 5 kali di Proliga ( 2003, 2005 2006, 2010 dan 2012).

Dari bagian putri diikuti oleh 7 klub  yaitu Jakarta Popsivo PGN, Manokwari Valeria Papua Barat, Gresik Petrokimia, Jakarta Elektrik PLN, Jakarta TNI AU, Jakarta BNI 46 dan Jakarta Pertamina Energi.

Untuk memenuhi ambisi masing-masing klub, selain diisi oleh pemain muda yang handal, klub diperbolehkan merekrut legiun asing. Dengan peraturan hanya 3 orang pemain asing untuk masing-masing klub dan hanya 2 saja boleh dimainkan bersamaan.

Di tahun 2015 ini, Proliga berlangsung di delapan kota di Indonesia, 6 Februari-16 April. Gong kompetisi dimulai dengan Balikpapan, Kalimantan Timur, menjadi tuan rumah.

Putaran pertama berlangsung pada 6-8 Februari di Gedung Sport & Convention Center (BSCC) Balikpapan. Lima tim putra dan tujuh tim putri bertanding memperebutkan predikat klub terbaik.

Lima tim putra yang bersaing adalah Jakarta Pertamina Energi, Surabaya Samator, Jakarta Electric PLN, Jakarta BNI 46, dan Palembang Bank Sumsel. Sementara di bagian putri, ada tujuh tim yang bertanding yaitu Jakarta Pertamina Energi, Jakarta Popsivo Polwan PGN, Jakarta Electric PLN, Gresik Petrokimia, Manokwari Valeria Papua Barat, Jakarta BNI 46, dan Jakarta Bank DKI.

Pemenang Proliga ini akan dianugerahi hadiah Rp 200 juta. Tim di peringkat kedua akan mendapat hadiah Rp 125 juta, dan peringkat ketiga berhak atas hadiah senilai Rp 75 juta. Tim di posisi keempat akan mendapatkan Rp 25 juta.

Setelah Balikpapan, Proliga bergeser ke beberapa kota lainnya di Indonesia, di antaranya Palembang, Malang, Gresik, Probolinggo, dan Jakarta.

Demikian artikel yang saya buat di atas tentang liga voli Proliga di Indonesia. Terima kasih sudah mau membaca tentang artikel kami UKM Volley BINUS, tunggu artikel kami selanjutnya ya. Volley BINUS???!!!!! SAID!!!!!!!!

Sumber Penulisan : http://volleyballinside.blogspot.co.id/2015/10/tentang-proliga.html