LDK-A TFISC 2024/2025

Lead Like Apollo, Inspire Like Athena: Our Leadership Saga Begins

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDK-A) ini ialah suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kepemimpinan dalam diri. Mengangkat tema dewa dan dewi dalam mitologi Yunani yaitu Apollo dan Athena. Kegiatan LDK-A 2024 diselenggarakan 2 hari pada tanggal 1-2 maret 2024 dan dilaksanakan secara hybrid, untuk Greater Jakarta akan berlokasi di Kampus Alam sutera dan untuk sisanya melalui platform ZOOM Meeting. Tujuan diadakannya LDK-A ialah untuk melatih para aktivis, memperkuat kemampuan kepemimpinan aktivis, serta mampu menjalankan kehidupan berorganisasi dengan baik.

DAY 1 – 1 Maret 2024

Pada hari pertama yang dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 2024, LDK-A dipandu oleh Sesilia Dara Zefanya dan Amanda Vilani pada sesi pertama lalu Shearvy Novalia dan Sesilia Dara Zefanya pada sesi kedua, kegiatan dimulai dengan pembacaan tata tertib, pembukaan doa, kemudian pemberian sambutan SOA oleh Diaz Muhida S.TR.Sos dan Young Dy Lika selaku director of TFISC, dilanjut dengan sambutan oleh Vice Project Manager LDK-A 2024 yaitu Adrian Hananto. Aktivis kemudian diberikan pretest untuk hari pertama mengenai materi pengenalan TFISC dan materi tentang adaptasi. Setelahnya diisi dengan ice breaking yang dilanjut dengan pemaparan materi tentang Introduction to TFISC oleh Natasya Andini dan ditutup dengan sesi tanya jawab.

Kegiatan selanjutnya diisi dengan pembawaan materi yang dibawakan oleh Vernetta dengan tema Leadership Training dimana Vernetta memberikan penjelasan mengenai apa itu leadership dan cara untuk mengatasi tantangan leadership dalam berorganisasi, yang setelahnya diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan peserta LDK Aktivis.

Setelah mendengar materi yang dibawa Vernetta, kegiatan dilanjut dengan bermain games yaitu Eat Bulaga untuk yang onsite dan Who Am I untuk yang Online. Saat permainan Eat Bulaga para peserta harus bergabung dalam kelompok masing-masing dan menebak kata yang ada diatas kepala kelompok lain, sedangkan untuk Who Am I, panitia akan memberikan clue tentang orang yang harus dihubungi dan para peserta dapat menemukannya melalui clue yang diberikan. 

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah pembuatan study case yang dilakukan secara berkelompok, para peserta akan mengerjakan soal study case sesuai dengan divisi mereka. Di akhir kegiatan pada hari pertama ini para peserta diminta untuk mengisi exit ticket dan kemudian ditutup dengan sesi dokumentasi bersama para peserta.

DAY 2 – 2 Maret 2024

Selanjutnya, untuk hari kedua LDK-A 2024 yang dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2024, acara dimulai dengan pembukaan dan pembacaan tata tertib oleh Amanda Vilani & Jessica Sugata selaku MC. Kemudian, agar acara bisa berjalan dengan lancar, dilakukan pembacaan doa yang dipandu oleh Adrian. Setelah itu, dilakukan quiz sebagai ice breaking agar para calon aktivis tidak tegang, quiz dilakukan melalui Quizizz. Lalu, dilanjutkan dengan pembawaan materi dengan judul Project Manager Material yang dibawakan oleh Hanifa. Materi ini membahas seputar Project Manager, seperti hal hal yang harus project manager lakukan dan sebagainya. Pembawaan materi kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab. Setelah menyampaikan materi, Hanifa diberikan sertifikat oleh Elena Marcela selaku project manager LDK-A. 

Setelah penyampaian materi tersebut, calon aktivis akan melakukan Mini Project. Tetapi, sebelum itu, MC menyampaikan beberapa peraturan tentang hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk mengerjakan mini project tersebut. Kemudian, para calon aktivis mengerjakan mini project bersama kelompoknya masing masing dan dipandu oleh PIC kelompok selama kurang lebih 1 jam. Bagi yang di zoom, para kelompok akan masuk ke breakout room kelompoknya dan kemudian mendiskusikannya di breakout room tersebut. Setelah diskusi, para kelompok diberikan waktu untuk istirahat, sholat dan makan selama 1 jam. 

Setelah istirahat, kelompok yang mengajukan diri akan mempresentasikan hal diskusinya tadi. Kelompok yang presentasi terdiri dari 5 kelompok online dan 5 kelompok onsite dengan masing masing diberikan waktu secara 10 menit. Tiap kelompok yang presentasi akan dinilai oleh 3 juri yaitu, Ci Velica, Tasya, dan Kak Young. Setelah semua kelompok presentasi, sambil menghitung nilai yang didapat oleh tiap kelompok, dilakukan games gombal yang sudah turun temurun dari kegiatan LDK-A sebelumnya. Games gombal dilakukan antara para calon aktivis dengan pic kelompok, panitia maupun sesama calon aktivis. Setelah game gombal, pemenang mini project tadi diumumkan, dan diberikan juga hadiah sebagai bentuk apresiasi. 

Dengan demikian acara LDK-A 2024 yang diselenggarakan 2 hari telah selesai dan acara ditutup dengan sesi doa penutup dan dokumentasi peserta onsite dan online.