INTERNATIONAL VOLUNTEER DAY 2023

“Be the Change, Volunteer for a better tomorrow”

International Volunteer Day atau Hari Sukarelawan Sedunia merupakan hari perayaan tahunan yang merupakan bentuk apresiasi terhadap tindakan atau kegiatan sukarelawan yang diperingati pada tanggal 5 Desember. Perayaan ini selaras dengan salah satu tujuan TFI Student Community yang berorientasi pada peningkatan sikap sosial serta jiwa sukarelawan melalui social event yang dilakukan secara berkala.

Pada tahun 2023, kegiatan International Volunteer Day dilakukan dengan mengangkat tema “Be the Change, Volunteer for a better tomorrow ” yang disalurkan melalui kegiatan volunteering kepada murid-murid Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA) Kuningan Jakarta yang telah terlaksana pada 2 Februari 2024. Pada kegiatan ini, berisikan serangkaian acara interaktif serta edukatif kepada anak-anak serta acara ini juga membuka penggalangan dana kepada umum yang akan diberikan kepada sekolah tersebut.

Kegiatan International Volunteer Day 2023 diawali dengan pembukaan serta pemberian sambutan apresiasi oleh seluruh panitia serta volunteer IVD kepada pihak sekolah SAAJA atas pemberian kesempatan untuk dapat berbagi pengetahuan, keterampilan, serta kebahagiaan kepada anak-anak sekolah tersebut. Kemudian panitia IVD juga menjelaskan secara singkat mengenai rangkaian acara yang akan dilakukan hingga akhir acara sebelum kegiatan dimulai.

Rangkaian aktivitas interaktif pada kegiatan ini berisikan 3 kegiatan antara lain Learning, Games , serta Coloring. Rangkaian aktivitas interaktif tersebut dimulai dengan pembagian anak-anak menjadi 3 kelompok kecil dengan masing-masing 10 hingga 12 anak pada 1 kelompok kecil. Masing-masing kelompok kecil memiliki Person in Charge (PIC) dari beberapa peserta volunteer untuk menemani serta membantu anak-anak untuk mengikuti acara secara kondusif hingga selesai.

Setiap kelompok diberikan waktu 15 menit untuk menjalankan salah satu aktivitas tersebut yang kemudian akan bergantian dengan kelompok lain untuk menyelesaikan aktivitas lainnya.Seperti hal nya pada 15 menit pertama, kelompok 1 menjalankan kegitan Learning lalu kelompok 2 menjalankan aktivitas games serta kelompok 3 menjalankan kegiatan coloring dan akan bertukar kegiatan pada sesi selanjutnya.

Pada kegiatan Learning, anak-anak SAAJA diberikan pemahaman dasar oleh para volunteer mengenai cara pengucapan Alphabet serta angka dalam bahasa inggris. Selain itu anak-anak juga diberikan contoh soal yang berisikan kalimat yang harus dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang diberikan. Ilustrasi gambar tersebut diberikan dengan tujuan untuk membantu anak-anak untuk mengenali objek yang dimaksud sehingga anak-anak mudah mengerti maksud soal tersebut. Tujuan dari aktivitas ini untuk meningkatkan keterampilan serta kemampuan bahasa inggris secara spelling, writing, serta reading. Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak-anak kepada orang lain.  

Selain itu anak-anak juga diberikan sesi games untuk bermain dengan para volunteer yang ada. Games yang diberikan salah satunya yaitu melalui tebak-tebakan benda melalui kertas yang berisikan sepotongan gambar yang telah ditentukan. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan refreshing kepada anak agar tetap senang dalam mengikuti acara.

Kemudian aktivitas terakhir yaitu Coloring. Pada aktivitas ini anak-anak akan diinstruksikan untuk mewarnai kertas gambar yang telah diberikan oleh panitia dengan motif atau gambar yang beraneka ragam seperti gambar rumah, hewan, minuman, bunga, dan lainnya. Serta panitia IVD juga telah menyiapkan pensil warna yang dapat digunakan oleh anak-anak. Setiap anak bebas memilih apa gambar yang mereka suka untuk mereka warnai. 

Setelah ketiga aktivitas tersebut terlaksana, namun sayangnya panitia serta volunteer TFISC harus pamit undur diri yang menandakan acara IVD 2023 telah berakhir. Pada penghujung acara, para panitia IVD, kepala sekolah SAAJA, serta anak-anak melakukan foto bersama. 

Selain itu, seluruh bagian TFISC juga memberikan bingkisan kepada anak-anak serta memberikan kami juga memberikan kata-kata penutup serta piagam penghargaan bagi pihak sekolah sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh pengurus SAAJA karena telah diberikan kesempatan untuk bertemu, bermain, dan berbagi kepada anak-anak SAAJA. Kami berharap  dengan adanya acara ini dapat bermanfaat bagi kami sendiri dengan adanya peningkatan kesadaran sosial serta bagi anak-anak SAAJA dengan adanya ilmu yang bermaanfaat yang dapat diterapkan dikemudian hari.