TFISC x TZU CHING : KUNJUNGAN KASIH

“Saranghae : Sharing and Giving Happiness”

TFI Student Community berkolaborasi dengan Tzu Ching Indonesia untuk mengadakan acara sosial Kunjungan Kasih berjudul “SARANGHAE” yang merupakan singkatan dari SHARING AND GIVING HAPPINESS. Acara Kunjungan Kasih ini telah dilaksanakan pada hari Minggu, 17 Desember 2023 di Panti Asuhan Beriku Hati, Tangerang. Acara ini diadakan berdasarkan dua visi misi dari TFISC yakni volunteering dan social awareness dengan tujuan utama untuk berbagi kebahagiaan, kasih sayang, dan donasi untuk anak-anak panti. Acara ini juga bertemakan perayaan natal sehingga kami membawa nuansa natal bersama dengan anak-anak panti.

Acara ini tidak hanya dimeriahkan oleh panitia dan anak-anak panti saja, melainkan terdapat para volunteer dari TFISC dan Tzu Ching Indonesia yang ikut serta dalam meramaikan acara “SARANGHAE”.Volunteer berpartisipasi dalam mencairkan suasana, ikut serta bermain games, dan mengontrol anak – anak selama kegiatan berlangsung. Kegiatan berlangsung dengan baik dan sesuai dengan rencana ataupun rundown yang telah disiapkan sebelumnya. Sebelum dimulainya acara, dilakukannya penyambutan oleh anak – anak panti asuhan dalam bentuk nyanyian yang dilakukan secara bersama-sama. Kemudian acara diawali dengan kata sambutan oleh Project Manager dari TFISC yaitu Angelina Lim dan Project Manager dari Tzu Ching Indonesia yaitu Elaine Keisha Tedja, yang dilanjutkan dengan pendekatan terhadap anak – anak supaya lebih terasa dekat antara panitia, volunteer, dan juga anak-anak panti. Pendekatan ini juga dibentuk secara berkelompok supaya dapat lebih berbaur dan lebih terkontrol.

Setelah panitia dan volunteer berbaur dengan anak – anak panti di dalam kelompok, barulah dilanjutkan dengan sesi games yang dibagi menjadi dua bagian, yakni games menyambung gambar dan melanjutkan lirik lagu. Gambar yang dipilih bernuansa natal dan juga lagu-lagu natal yang dapat menambah nuansa perayaan natal bersama. Permainan yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan setiap kelompok. Meskipun rentang umur anak – anak yang relatif jauh, games dapat berjalan dengan lancar, di mana mereka berpartisipasi secara aktif di dalam berlomba untuk mendapatkan poin tertinggi demi memenangkan permainan. Setelah games selesai dimainkan, kegiatan dilanjutkan dengan special performance oleh anak-anak panti asuhan berupa nyanyian yang diiringi dengan gerakan sebagai rasa terima kasih kepada TFISC dan Tzu Ching Indonesia yang telah menyelenggarakan acara ini dengan baik. Acara diakhiri dengan sesi doa yang dimulai dengan setiap anak panti asuhan yang mendoakan dua sampai dengan tiga panitia ataupun volunteer dilanjutkan dengan doa penutup bersama. Pada kesempatan kali ini, kami juga memberikan souvenir kepada anak – anak panti sebagai kenang-kenangan sebelum berpisah. Kemudian kami juga menyempatkan waktu sejenak untuk makan bersama dengan anak-anak panti yang menandakan akhir dari acara kami. Tidak lupa pula, kami melakukan sesi foto bersama untuk menjadi kenang-kenangan juga.

Melalui acara ini, tentu saja kami berharap dapat menambahbanyak pengalaman, menambah rasa empati, semakinmenumbuhkan jiwa sosial, dan dapat meninggalkan kesan yang baik serta menyenangkan. Terdapat banyak nilai-nilai yang diperoleh melalui kegiatan ini, seperti kebersamaan, kedisiplinan, kepedulian, dan lain sebagainya.

Hanifa Az Zahra Anwar & Nicholas Setia Atmaja