MOUNTAIN FAIRY 2023

“From Trash To Treasure”

Pada Sabtu, 18 November 2023, Teach For Indonesia Student Community (TFISC) kampus Bandung telah melaksanakan kegiatan Mountain Fairy di Gunung Putri Lembang. Mountain Fairy merupakan salah satu program kerja TFISC yang mengangkat isu-isu lingkungan yang terjadi di daerah pegunungan, seperti masalah sampah dan penggundulan hutan. Untuk menjalankan program kerja ini, TFISC Bandung telah bekerjasama dengan pihak LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Gunung Putri Lembang dan Perhutani KPH Bandung Utara. 

Kegiatan ini dimulai dari pemberangkatan dari BINUS @Bandung pukul 08.00 WIB dengan 70 menit perjalanan. Setelah sampai ke lokasi, panitia melakukan briefing terlebih kepada seluruh peserta mengenai agenda acara yang akan berlangsung pada hari itu dan dilakukan juga pemanasan sebagai tindakan preventif untuk menghindari terjadinya cedera. Setelah itu, seluruh peserta dan panitia melakukan tracking ke tempat penanaman pohon selama 37 menit. Setelah tiba di tempat penanaman, seluruh peserta beristirahat dan menikmati sesi makan siang dengan konsumsi yang telah dibagikan saat sesi briefing.

Acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari Syahla Aurelia selaku Project Manager dan Pak Adi sebagai sebagai ketua LMDH Gunung Putri Lembang. Pak Adi memberikan arahan mengenai teknik penanaman bibit pohon yang benar, serta panduan merawatnya pasca-penanaman bibit.  Setelah memperhatikan dengan jelas, semua peserta lalu melakukan penanaman pohon sesuai instruksi yang telah diberikan. Selama sesi penanaman, pihak LMDH turut mendampingi para volunteer untuk memastikan seluruh proses penanaman berjalan dengan lancar. Para volunteer dibagi kelompok yang beranggotakan 3 orang, dimana masing-masing kelompoknya melakukan penanaman sebanyak lima bibit pohon pinus.

Ketika penanaman pohon selesai, project manager melakukan penyerahan sertifikat apresiasi dan donasi secara simbolis kepada Perhutani KPH Bandung Utara yang diwakilkan oleh Pak Adi.

Keseruan kegiatan Mountain Fairy juga dilanjutkan dengan dilaksanakannya permainan whisper challenge yang berhadiah snacks untuk kelompok volunteer yang memenangkan permainan. Semua volunteer telah terlibat aktif dan antusias dalam permainan ini, walaupun sebelumnya telah mengeluarkan banyak tenaga saat sesi penanaman pohon. 

Setelah memberikan hadiah kepada pemenang games, acara pun ditutup dengan aksi membersihkan sampah di lokasi sekitar penanaman dan di jalur tracking dalam perjalanan turun ke area parkir shuttle. Setelah itu, semua peserta dan panitia pun kembali ke kampus dengan durasi perjalanan pulang selama 163 menit.

Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan kami, yaitu untuk seluruh panitia, volunteer, Perhutani KPH Bandung Utara, dan LMDH. Kami berharap kegiatan Mountain Fairy ini dapat bermanfaat dan berkesan bagi seluruh peserta sebagai salah satu aksi positif dalam menjaga ekosistem alam sekitar kita.  

Aulia Yasmin