PILMAPRES 2023 Binus University

PILMAPRES 2023 Binus University

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi atau yang kerap disebut Pilmapres merupakan kompetisi tingkat perguruan tinggi yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).  Dan pada tanggal 17 Maret 2023, di BINUS University, Student Club and Activity Center (SCAC) telah melaksanakan acara Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) tahun 2023 Tingkat Universitas Bina Nusantara. Acara dipandu oleh Ruth Gracia dan Valensia Davina, dan dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Johan, S.Kom., MM. selaku Vice Rector of Student Affairs and Community Development, dalam sambutan Beliau menyampaikan bahwa PILMAPRES merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan setiap tahunnya untuk mencari mahasiswa yang berprestasi untuk nantinya mewakili Binus University berkompetisi di tingkat LLDIKTI sampai Nasional dengan Mahasiswa terbaik dari Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Peserta PILMAPRES tingkat Universitas Bina Nusantara terdiri dari 10 kandidat terbaik yang sebelumnya telah diseleksi dari semua fakultas yang ada di BINUS. 10 kandidat tersebut yaitu : 

  1. Edward Hartanto Enrico Abadi – Business Information Technology
  2. Annisa Saptayulia Belvanugraha – Food Technology
  3. Delviana Pramata – International Relations
  4. Jessica Christabel Gan – Film
  5. Maevy Marvella – Mobile Application and Technology
  6. Olivia Valentina – Marketing Communication
  7. Thalea Christy Nathaniela – Entrepreneurship Business Creation (@Malang)

Para kandidat melakukan presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang telah dipersiapkan. Sesi presentasi sendiri dipandu oleh dua panelis yang sangat berpengalaman di bidangnya yaitu Dr. Elidjen, S.Kom. MInfoCommTech, CIP, CKM dan Prof. Dr. Juneman Abraham, S.Psi.,M.Si. Masing- masing kandidat memiliki waktu 5 menit untuk presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan dilanjutkan 5 menit selanjutnya dengan sesi tanya jawab.

Dilanjutkan dengan sesi Impromptu Speech, dimana kandidat akan diberikan case study tertentu. Setiap kandidat akan diberikan waktu untuk mempersiapkan materi tentang case study yang telah ditentukan, kemudian akan diberikan waktu 3 menit untuk memaparkan argumen terkait case study yang telah diberikan. Kandidat juga akan diberikan kesempatan untuk menanggapi sanggahan dari kandidat lain maupun dari para panelis. Berikutnya kandidat akan menerima sanggahan/pertanyaan dari kandidat lain dan panelis. Panelis dalam sesi Impromptu Speech final PILMAPRES kali ini adalah Dr. Franklin G. Talaue, M.A. Engl. dan Wisnu Broto, Spd. M. Hum., M.h.


Setelah penjurian dan rapat Dewan Juri, maka ditetapkan juara Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas Bina Nusantara tahun 2023 kali ini adalah Edward Hartanto Enrico Abadi dari jurusan Business Information Technology. Dan juara untuk kategori Mawapres Favorit berdasarkan voting oleh Binusian, dan Mawapres Favorit untuk kali ini adalah Thalea Christy Nathaniela dari Entrepreneurship Business Creation (@Malang) dan acara ditutup dengan pantun yang menarik.

 

Cecilia Angeline