GREENER DAY 2022

“Love Health! Love Earth! Love Myself!”

Greener Day Kemanggisan 2022 adalah suatu kegiatan yang diadakan dengan tujuan untuk mengajak mahasiswa/i agar dapat lebih memahami masalah polusi udara yang telah menjadi salah satu masalah terbesar di seluruh dunia yang dapat menyebabkan turunnya kualitas udara. Umumnya polusi udara timbul akibat banyaknya aktivitas masyarakat yang menghasilkan emisi gas karbon dan sedikitnya tanaman hijau di lingkungan yang kaya oksigen. Selain itu, seperti yang kita tahu bahwa banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan tindakan penebangan pohon secara liar untuk kepentingan dirinya semata sehingga menyebabkan kualitas udara khususnya di Indonesia menjadi memburuk akibat polusi udara yang semakin meningkat. Sebenarnya, saat ini banyak masyarakat yang sudah sadar akan terjadinya polusi udara yang tinggi di Indonesia yang diakibatkan oleh aktivitas masyarakat, seperti berkendara sepanjang hari, membakar sampah, penggunaan pendingin ruangan, dan aktivitas yang memicu terjadinya emisi gas karbon lainnya, tetapi masyarakat Indonesia masih banyak yang belum bergerak untuk mengatasi masalah tersebut.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kualitas lingkungan, TFI Student Community kampus Kemanggisan melakukan aksi secara nyata yang dapat membantu menjaga kesehatan bumi ini dan diri sendiri dengan menyelenggarakan program kerja yang dinamakan dengan Greener Day. Kegiatan Greener Day ini terbagi menjadi dua rangkaian acara yaitu workshop dan social media campaign. Acara Greener Day ini dibuka dengan melaksanakan workshop dengan judul Increasing Greenery at The End of The Pandemic, dan mengangkat tema Love Earth! Love Health! Love Myself! yang diadakan pada hari Kamis, 28 Juli 2022. Workshop ini diselenggarakan di area indoor dan outdoor kampus Binus Kijang. Greener Day 2022 mengundang Novita Natalia Kusumawardani dari Yayasan Udara Anak Bangsa sebagai pembicara yang akan membawakan dan menyampaikan materi mengenai polusi udara. Diharapkan materi yang disampaikan oleh pembicara dapat memberikan insight baru bagi peserta sehingga lebih mengetahui dan memahami bagaimana cara menjaga lingkungan di era kembalinya aktivitas masyarakat setelah masa pandemi. Setelah acara workshop selesai dilaksanakan, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Social Media Campaign yang akan diadakan secara virtual selama 7 hari dari tanggal 29 Juli – 04 Agustus 2022.

Saat pemberian materi, peserta dikumpulkan di ruang kelas kampus Kijang dan duduk bersama-sama mendengarkan materi mengenai polusi udara dengan topik “Breath Cleaner Air” yang disampaikan oleh pembicara. Setelah pembicara selesai memberikan materi, acara dilanjutkan dengan membuka sesi QnA agar peserta dan pembicara dapat berinteraksi secara langsung yang dimana peserta dapat bertanya hal-hal yang tidak dimengerti dan akan dijawab oleh pembicara.

Setelah penyampaian materi selesai, acara dilanjutkan dengan kegiatan menanam tanaman ke dalam polybag yang dilaksanakan di area outdoor kampus Binus Kijang. Seluruh peserta merupakan mahasiswa/i BINUS dengan total 40 orang yang mana dibagi menjadi 4 kelompok untuk penyampaian materi tanaman yang ditanam dan untuk bermain games. Masing-masing kelompok menanam jenis tanaman yang berbeda dengan tingkat oksigen yang tinggi, yaitu pada kelompok 1 menanam tanaman lidah mertua, kelompok 2 menanam tanaman mangga, kelompok 3 menanam tanaman lidah buaya, dan kelompok 4 menanam tanaman jeruk. Panitia mendampingi para peserta dengan memberi instruksi terkait cara menanam tanaman yang baik dan benar. Tanaman yang telah ditanam oleh peserta nantinya akan dibawa pulang untuk dirawat dan akan dikembalikan lagi kepada panitia setelah satu minggu agar tanaman tersebut dapat ditanam di lahan Binus Kijang nantinya. 

Setelah melewati serangkaian acara menanam, para peserta diajak untuk bermain games bersama untuk mempererat hubungan antar peserta agar menjadi lebih dekat satu sama lain dan memiliki kerjasama yang baik. Setelah acara workshop ini, para peserta juga diharuskan untuk melakukan kegiatan Social Media Campaign selama 7 hari dengan memfoto tanaman yang telah ditanam dan menguploadnya ke Instagram Story peserta dan men-tag Instagram @tfistudentcommunity dengan menyuarakan taglineLove Earth! Love Health! Love Myself!”.

 

Erika Putri Gunawan, Ceanurisa Aziza Ciptadi, Audyana Agustin