EDUCATION SEMINAR 2022

Self-Development: “Overcome Anxiety of Quarter Life Crisis”

Quarter life crisis adalah bagian dari gejolak quarter-life period yaitu sebuah fase perkembangan psikologis. Fase quarter-life period terjadi pada usia 18 sampai 29 tahun yang merupakan masa transisi antara fase remaja menuju fase dewasa(Arnett dalam Agustin, 2012, h.1). Krisis ini muncul dengan reaksi emosi seperti frustasi, tidak memiliki tujuan, panik dan sebagainya. Krisis Ini bila tidak ditanggapi dengan serius akan mengakibatkan depresi dan masalah yang sering menimpa individu pada fase remaja menuju dewasa ini meliputi pencapaian dalam karier, finansial, dan juga kehidupan sosial.

Sehubungan dengan kondisi yang sering terjadi, Teach For Indonesia Student Community yang merupakan organisasi mahasiswa Universitas Bina Nusantara dimana organisasi ini berisikan generasi muda penerus bangsa yang memiliki peran sebagai agent of change. Dengan demikian tentunya himpunan mahasiswa ini mempunyai hak andil dalam membantu masalah sosial yang terjadi di sekitarnya. Oleh karena itu, untuk mewujudkan peran tersebut, Teach For Indonesia Student Community memberikan wadah untuk membantu menyelesaikan masalah sosial yang ada di Indonesia melalui kegiatan “Webinar Overcoming Quarter Life Crisis.

Educational Seminar yang mengangkat tema Self-Development: Overcome Anxiety of Quarter Life Crisis, berlangsung pada Kamis (28/07/2022) dengan pembicara Deli Fatmawati, S.Psi selaku Mental Health Enthusiasts and Children Book Writer ini menarik perhatian mahasiswa sebagai peserta webinar, terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan seputar quarter life crisis dan hal hal mengenai masalah yang sedang mereka hadapi yang ternyata merupakan suatu kondisi dalam melewati quarter life crisis. Dengan pertanyaan yang tidak tertampung, sesi tanya jawab yang disiapkan panitia memiliki perhatian lebih dari peserta.

Antusiasme para peserta webinar dalam Educational Seminar tahun ini yang diadakan oleh TFISC membuktikan bahwa tema seminar yang mengangkat quarter life crisis sangat menjadi topik yang sedang dicari dan berpengaruh terhadap kehidupan mahasiswa juga masyarakat disekitar kita pada usia yang sudah disebutkan. Sebagai tanda penghargaan kami ucapkan terima kasih atas partisipasi narasumber dan panitia juga peserta dalam webinar, sehingga webinar ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Dengan diadakannya acara ini, yang memiliki tujuan sebagai wadah belajar bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dan mempersiapkan diri untuk kedepannya menjadi independent and creative thinker with purpose, diharapkan juga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan mengenai overcome anxiety of quarter life crisis dalam kehidupan sehari-hari. 

 

Dokumentasi: