Pengabdian Kepada Masyarakat

Teach for Indonesia Student Community (TFISC) yang berdiri pada tanggal 8 Mei 2011 merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan di Universitas Bina Nusantara, atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang fokus dan bergerak di bidang sosial. TFISC terus berkomitmen dan berkelanjutan untuk membuat sebuah program yang ditawarkan untuk membawa sebuah perubahan sosial komunitas masyarakat ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu TFISC memiliki 3 tujuan utama yaitu Education, Health, dan Environment. 

Berlandasan dari 2 tujuan utama TFISC, yaitu Education, dan Environment, event PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) dilaksanakan. Tema tersebut diambil melatarbelakangi salah satu permasalahan lingkungan yaitu masalah sampah. Sampah merupakan salah satu permasalahan yang terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Penumpukan sampah berasal dari berbagai sumber seperti rumah tangga, industri, restoran, dan juga konveksi. Jenis-jenis sampah juga berbagai macam, seperti sampah makanan, sampah plastik, atau bahkan limbah-limbah pakaian. Perihal sampah atau limbah pakaian, pengolahan dari limbah pakaian atau fashion waste ini masih jarang diupayakan, meskipun nyatanya, limbah kain dan sejenisnya merupakan bahan yang sulit terurai. Oleh karena itu, kegiatan PKM TFISC regional Alam Sutera 2022 kali ini bekerja sama dengan TFI dan memilih untuk mengungkit permasalahan limbah pakaian dan meningkatkan awareness masyarakat terhadap isu tersebut. 

Limbah pakaian dapat berasal dari industri maupun individu. Industri yang memproduksi pakaian seringkali memiliki sisa bahan tekstil dan kimia lainnya dari proses produksi. Sedangkan secara individu, tidak jarang ditemukan pakaian yang tidak lagi digunakan karena berbagai alasan, seperti sudah terlalu kecil atau terlewat zamannya. Melalui kegiatan PKM bertema “Bereskan Lemari Hijaukan Bumi”, limbah pakaian yang dikumpulkan akan diolah dan dimanfaatkan agar dapat menjadi barang yang berguna kembali sebagai bentuk upaya mengurangi limbah pakaian. Tidak hanya itu, pakaian yang masih layak pakai akan dikumpulkan dan diberikan kepada mereka yang lebih membutuhkannya. Kegiatan PKM ini dilakukan dengan cara menyediakan booth sebagai dropbox untuk pengumpulan donasi pakaian, dengan booth akan dipasang di area lobby kampus Universitas Bina Nusantara Alam Sutera. Hal ini dapat dilakukan untuk mengurangi penumpukkan limbah pakaian yang kian lama akan mengganggu ekosistem dan lingkungan dengan cara mengolah limbah yang terkesan negatif menjadi barang positif yang juga membantu sesama. 

Selain mengumpulkan limbah baju bekas, rangkaian kegiatan acara juga termasuk melakukan campaign di media sosial dengan meng-upload twibbon acara ke feeds instagram yang dilakukan oleh donatur baju bekas. Dilakukan juga pembuatan video edukasi yang berisi tentang materi seperti pengertian, penjelasan, dan penanggulangan terhadap limbah pakaian. Rangkaian acara ini dimulai pada tanggal 23 Mei 2022 sampai dengan 24 Juni 2022. 

 

Jane Puteri