Save The Ocean TFISC 2021

Save The Ocean

Teach For Indonesia Student Community atau yang biasa dikenal dengan TFISC memiliki program kerja tahunan yaitu Save The Ocean. Save The Ocean Alam Sutera 2021 merupakan kegiatan dimana TFISC mengajak masyarakat luas untuk lebih peduli terhadap laut, yang mana semakin lama laut makin tidak terawat dengan baik.

Walaupun Pandemi Covid-19 membatasi jarak setiap orang, hal ini tidak menghalangi TFISC untuk mengadakan acara ini. Pada hari Sabtu, 9 Oktober 2021 pukul 13.00, seluruh panitia, beberapa pengurus, dan peserta berkumpul bersama secara daring melalui Zoom Meeting untuk memeriahkan webinar Save The Ocean tahun ini. Webinar yang bertemakan Sea Without Litter ini diawali dengan yel-yel yang dipandu oleh MC dan pengisian Entry Ticket, lalu dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Umum TFISC tahun 2021, Agustina Dwianti dan Anastasia Josephine selaku Project Manager Save The Ocean 2021.

Setelah kata sambutan, acara dilanjutkan dengan perkenalan pembawa materi Webinar yaitu Kak Febri Listiawan sebagai Program Facilitator dari Divers Clean Action. Pembicara memaparkan materi terkait bagaimana dampak dari adanya marine debris dan apa saja hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk membantu dalam menangani krisis tersebut. Marine debris sendiri merupakan krisis dimana sampah daratan terutama plastik yang terbawa oleh arus air telah merusak berbagai ekosistem di laut serta juga dapat berdampak secara tidak langsung kepada kehidupan manusia. Sebagai masyarakat, kita juga dapat membantu dalam mencegah permasalahan tersebut seperti menghentikan penggunaan plastik sekali pakai, menggunakan barang yang ramah lingkungan, serta mengkampanyekan agar masyarakat peduli dan menjaga lingkungan. Acara yang dibawakan oleh Kak Febri sendiri membawa respon yang baik dimana banyak peserta yang bertanya mengenai laut, menjaga laut dan penanganan sampah agar laut tetap terjaga.

Acara pun semakin meriah dengan adanya pembagian hadiah Lomba Poster yang mana Lomba Poster itu sendiri sudah dilaksanakan dari tanggal 19 September hingga 4 Oktober. Pengumuman pemenang  Lomba Poster terdiri dari Pemenang Utama yang mendapatkan hadiah sebesar Rp 300.000 beserta E-Sertifikat dan Pemenang Favorit yang mendapatkan hadiah sebesar Rp 200.000 beserta E-Sertifikat. Setelah sesi Dokumentasi bersama Kak Febri dan pemenang lomba poster, acara ditutup dengan pengisian Exit Ticket yang diberikan oleh Panitia.

Dokumentasi Kegiatan :