BIMBEL SD TFISC MALANG

“Every Child is A Star, Love Learning with TFISC”

Malang, Desember 2023 Teach For Indonesia Student Community (TFISC) BINUS @Malang mengadakan program kerja Bimbingan Belajar SD yang dilaksanakan secara rutin di SDN 1 Tirtomoyo sebanyak tujuh pertemuan mulai dari 21 November 2023 hingga 14 Desember 2023. Program Bimbingan Belajar yang mengusung tema “Every Child is A Star, Love Learning with TFISC” ini berfokus pada pokok mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika untuk siswa/i kelas 2 dan 3 SD yang berjumlah total 44 orang. Kegiatan ini juga diikuti oleh volunteer sebanyak 10 orang BINUSIAN yang bekerja baik menjadi tenaga pengajar maupun bagian dokumentasi.

Kegiatan Bimbel SD ini dipersiapkan secara matang mulai dari proses persiapan hingga pelaksanaan dan evaluasi. Berangkat dari kesadaran bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mengayomi dan menyesuaikan diri, panitia bimbel SD membangun dialog intens dengan PIC SDN 1 Tirtomoyo dalam menjembatani concern terkait perkembangan siswa/i, termasuk literacy development (tingkat kefasihan membaca dan menulis) yang masih cenderung rendah. Kurikulum Matematika dan Bahasa Inggris diformulasikan khusus agar sesuai dengan progress siswa/i SDN 1 Tirtomoyo serta dipaparkan secara interaktif dalam kelompok-kelompok kecil sebagai strategi belajar yang efektif. Dapat disimpulkan, pengetahuan akan kondisi lapangan yang memadai membuat panitia dan volunteer tetap profesional dalam menjalankan tugasnya di bimbel SD dan membuat tiap sesinya Impactful dan Insightful”.

Kegiatan dilaksanakan secara reguler dengan empat kegiatan inti dalam tiap sesinya selama 100 menit yaitu ice breaking, pemaparan materi, class activity, dan sticky notes activity. Ice breaking yang dilakukan berupabernyanyi bersama lagu anak-anak yang diputarkan melalui laptop dan speaker. Selanjutnya, terdapat pemaparan materi dan class activity yang dilakukan dalam mini group dipimpin oleh 1-2 orang panitia. Panitia tersebut yang akan mengajar dengan laptop masing-masing terkait materi pengajaran yang sudah dibuatkan oleh divisi kurikulum dan dilakukan online briefing setiap H-1 bimbingan belajar melalui zoom. Kemudian, terdapat ragam class activity yang dilakukan, mulai dari menulis, menggambar, menempel, dan sayembara lisan. Siswa/i SD juga sudah dibagikan masing-masing satu buku tulis di awal pertemuan untuk dijadikan buku class activity selama Bimbel SD. Terakhir, terdapat sticky notes activity yang dilakukan guna mempererat kedekatan emosional panitia, volunteer, dan siswa/i. Dalam sticky notes activity, siswa/i bisa diminta menuliskan berbagai macam topik, seperti mood check-in, yaitu untuk menstimulasi siswa/i mengkomunikasikan perasaannya pada hari itu, kesan dan pesan, kata-kata pujian dengan teman seperti “you are smart” dan you are precious, hingga random questions yang bisa dijawab oleh kakak-kakak panitia dan volunteer.

Sebagian besar orang mungkin akan mengira bahwa kegiatan Bimbel SD ini hanya bermanfaat bagi resipien saja. Namun, bagi kami, kegiatan ini juga memiliki makna bagi sang donor, yaitu bagi kami, para panitia dan volunteer yang bertugas. Selama berproses, panitia dan volunteer dapat belajar mengayomi siswa/i SD dengan penuh kasih sayang dan kesabaran. Hal ini ditandai dengan tersampaikannya kehangatan kepada siswa/i SD sehingga hal yang sama pula dilakukan sebaliknya kepada panitia dan volunteer. Siswa/i SD Negeri 1 Tirtomoyo sangat antusias dan peduli setiap kali kegiatan bimbel dilaksanakan. Hingga di penghujung sesi, siswa/i SDN 1 Tirtomyo ingat satu persatu nama panitia dan volunteer dan menyampaikan kerinduan yang akan dirasakan apabila kakak-kakak meninggalkan mereka. Secara tidak sadar, baik panitia, volunteer, maupun siswa/i membangun sebuah ikatan emosi (bonding) yang kuat satu sama lain seiring berjalannya sesi bimbingan belajar, terlebih lagi karena regularitas dan familiaritas.

Sesuai dengan temanya, Bimbel SD kali ini benar-benar membuktikan bahwa every child is indeed, A Star. Through love and care, kasih sayang dan kepedulian, sinergi panitia, volunteer, dan siswa/i SDN 1 Tirtomoyo dapat membuahkan proses yang sungguh bermakna. Tidak hanya proses intelektual saja, tetapi juga proses emosional serta interpersonal yang memberikan pengalaman sebagai bekal untuk masa depan. For peace doesn’t grow from extravagance, but instead, for peace, the smallest things matters most.

Shannon Ariella Suhartono