SUMBER DAYA AIR YANG KURANG BERSIH DI INDONESIA DAN PENTINGNYA MENJAGA LINGKUNGAN

Indonesia memiliki potensi sumber daya air yang besar. Tetapi tak sedikit pula sumber-sumber air di Indonesia tak terkelola. Ketersediaan air bersih dan layak minum menjadi masalah yang serius saat  ini. Sumber daya air bersih untuk minum seharusnya dapat dinikimati dengan mudah oleh masyarakat. Sudah diketahui bahwa Indonesia memiliki peringkat terburuk dalam pelayanan ketersediaan air bersih seluruh Asia. Perlu kita mengetahui sendiri bahwa sumber daya air yang kotor memiliki zat-zat kimia yang berbahaya karena adanya limbah di dalam air tersebut.

Berikut adalah data riset:

  • Data Susenas 2009 menunjukkan bahwa 54,06% rumah tangga di perkotaan Jawa Timur telah menggunakan air minum layak, sementara di perdesaan mencapai 57,25%. Sedangkan data Susenas 2010 di Jawa Timur untuk perkotaan menunjukkan rumah tangga yang menggunakan air minum layak mencapai 47,95% dan perdesaan mencapi 57,26%. Saat ini cakupan pelayanan air minum masih sekitar 51,7% penduduk di wilayah perkotaan dan 46,5% penduduk di Kawasan pendesaan.

Dari data yang telah diambil, bisa dilihat bahwa Indonesia jauh memiliki banyak persentase di daerah perdesaan dikarenakan masih banyak masyarakat Indonesia yang mempunyai sumber daya air bersih untuk konsumsi maupun bersiram. Apalagi masyarakat Indonesia tidak mempunyai fasilitas yang memadai, kebanyakan negara-negara lain sudah bisa mendapatkan sumber daya air lewat keran tanpa bayar. Contoh sederhana yaitu, Singapura.

Hal kedua yaitu Kesehatan, Kesehatan manusia itu penting. Karena Ketika kita tidak sehat kita tidak bisa mengerjakan tugas apalagi dengan adanya bakteri di dalam tubuh otomatis harus pergi ke rumah sakit.

Hal ketiga menjaga lingkungan, Ketika kita menjaga lingkungan kita apalagi di daerah perkotaan maupun perdesaan, yakini bahwa 99,9% Indonesia bakal memiliki sumber daya air yang baik dan sehat.

melihat bahwa masyarakat Indonesia kini masih belum bisa menjaga lingkungan dengan baik. Akan tetapi, saya juga melihat bahwa masyarakat Indonesia belum memiliki fasilitas yang baik, alasannya keuangan. Tetapi rakyat Indonesia juga belum menjaga lingkungan dengan baik, seperti orang- orang yang tidak mengetahui peraturan di jalanan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Ada banyak cara di internet untuk membuat sumber daya air yang kotor menjadi bersih. Tetapi bisa dilakukan dengan masyarakt Indonesia yang mematuhi peraturan dengan tertib dan sehat. Dengan ini, saya ingin membuat sumber daya air di Indonesian menjadi lebih bersih untuk semua rakyat Indonesia yang menggunakannya apalagi orang yang memerlukan seperti rakyat Indonesia yang kurang mampu.

Harus dimengerti bahwa Kesehatan adalah terutama bagi ketubuhan kita dan memiliki sumber daya air bersih bisa membuat Indonesia menjadi maju dan Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki sumber daya air yang bersih.

Reference:

Kustanti dan Susilowati , 2016, Pengembangan pemanfaatan sumber daya air ramah lingkungan. Jakarta.Sumber: https://core.ac.uk/download/pdf/290094409.pdf

Alumni FAI UMSU, 2016, Studi kasus air bersih. Sumber daya air ramah lingkungan.

Nadira Shilla Noegroho