Energi Terbarukan Murah Bukan Sembarang Mitos

Kebutuhan energi setiap tahunnya tumbuh cukup pesat, tapi sebagian besar yang digunakan untuk membaut energi tersebut adalah fosil, yang dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mengambilnya, sehingga banyak negara sudah untuk memulai pengembangan teknologi yang terbarukan. Kedepanya penggunaan energi yang bersih dan terbarukan dapat meningkatkan kualitas lingkungan dan semua orang dapat mendapat sumber daya energi yang murah. Untuk kebutuhan transportasi pasti sangat berdampak karena biasanya harga energi selaras dengan biaya transportasi, jadi jika harga energi yang dipakai murah maka penggunaan transportasi untuk kebutuhan bisnis maupun tiap individu akan menurun, dengan begitu harga – harga bahan makanan, industry dan barang kebutuhan lainnya mengecil dampaknya.

Perubabahan dari energi yang tidak terbarukan menjadi energi yang bersih dan terbarukan sangatlah memiliki manfaat yang sangat besar, mulai dari masalah polusi lingkungan yang dapat dikurangi secara signifikan, kita tidak lagi membuat lapisan ozon menjadi lebih tipis lagi, tapi dengan memanfaatkan energi yang terbarukan kita juga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam berkehidupan sehari – hari.Terbukti dengan usaha pemerintah untuk meningkatkan kapasitas produksi energi terbarukan.

Terlihat jelas peningkatan yang cukup signifikan untuk target penggunaan energi yang terbarukan dari tahun ke tahun, dengan hasil tersebut seiring dengan berkembangnya teknologi dari masa ke masa, kita akan dapat menghasilan energi terbarukan yang pembuatannya tidak memerlukan uang yang banyak dengan jumlah energi yang dihasilkan lebih banyak, selain itu diiringi dengan manfaat – manfaat yang ada lainnya.

Jumlah penggunaan energi yang meningkat dari tahun ke tahun membuat kita sebagai manusia berpikir bagaimana cara untuk mendapatkan energi tersebut, mungkin pada awal penemuan tersebut kita menyebutnya teknologi yang sangat bagus, tapi lama –  kelamaan kita juga mengetahui dampak negatif yang dihasilkan dengan cara tersebut. Teknologi baru itulah yang akan digunakan manusia untuk kedepannya, teknologi yang lebih baik dari sebelumnya, tapi tidak dipungkiri untuk berabad – abad yang akan datang tentu ada lagi teknologi yang lainnya.

Reference:

(Liun & Sunardi, 2014)Liun, E., & Sunardi. (2014). Perbandingan Harga Energi Dari Sumber Energi Baru Terbarukan Dan Fosil. Jurnal Pengembangan Energi Nuklir, 16(March), 119–130.

Elvin Soepranoto