Benchmarking TFISC 2021“Adopt, Adapt, and Thrive”

Jakarta, 1 Maret 2021 – Teach For Indonesia Student Community (TFISC) menyelanggarakan Benchmarking dimana benchmarking merupakan salah satu kegiatan TFISC berguna untuk mengukur dan membandingkan kinerja suatu aktivitas atau kegiatan berupa organisasi sejenis, baik secara internal maupun eksternal. Dari hasil benchmarking maka suatu organisasi dapat memperoleh gambaran dalam insight mengenai kondisi kinerja organisasi, sehingga dapat mengadopsi best practice untuk meraih yang diinginkan.

Maka dari itu, kegiatan Benchmarking ini dilakukan dalam rangka mempelajari bagaimana organisasi luar negeri yang lebih dahulu menanggapi kondisi dan perubahan yang terjadi dalam aktivitas dan kebiasaan organisasi tersebut. maka dengan itu TFISC bekerja sama dengan SOLS 24/7 melakukan kegiatan Benchmarking dikarenakan keberadaannya sudah ada dua tahun sebelum TFISC sehingga menyadari betul adanya perkembangan dan pengalaman yang dimiliki SOLS 24/7 yang dapat menjadi pembelajaran bagi TFISC. Selain itu, TFISC dan SOLS 24/7 sama – sama mengambil bagian dalam membantu memajukan pendidikan di negaranya masing – masing.

Benchmarking TFISC mengadakan kegiatan berupa study banding dan juga melakukan tukar pikiran dengan bertujuan untuk memberikan perbandingan untuk mengetahui seberapa besar potensi dan juga pengetahuan yang dimilki TFISC sebagai perbandingan dengan organisasi luar nasional bersama dengan SOLS 24/7, dimana SOLS 24/7 merupakan  organisasi non profit yang sangat besar karena bekersama dengan Cambridge dan Google dan juga SOLS 24/7 terbuka untuk bekerja sama dengan TFISC untuk Indonesia.
Pada kegiatan benchmarking kali ini dilakukan dengan nara sumber Ms. Alya Syahida Allias dimana merupakan Director dari SOLS 24/7, pada banchmarking kali ini Alya Syahida Allias sebagai pihak SOLS 24/7 memberikan penjelasan yang sesuai dengan kondisi TFISC dimana Selalu mengingat visi misi dan tujuan organisasi sehingga dapat memotivasi anggota untuk bersikap aktif agar TFISC dapat berkembang, dapat disimpulkan dari pemaparan Alya Syahida Allias mengidentifikasi potensi yang dapat digunakan untuk mengembangkan organisasi menjadi lebih baik.

Kegiatan Benchmarking dimulai dengan diadakan pemaparan pembicara yaitu director SOLS 24/7 Alya Syahida Allias dan dilanjutkan dengan introduction pengenalan SOLS 24/7 serta identitas pembicara dan portofolio pribadi dan pengalaman yang pernah dialamai pembicara. 

Selanjutnya pembicara menjelaskan mengenai sedikit pengalaman tentang organisasi kemanusiaan yang mempunyai komitmen untuk serve, educate, and empower communities, pembicara juga menjelaskan penghargaan yang dimiliki SOLS 24/7 dan juga beberapa inovasi yang dibuat oleh organisasi SOLS 24/7.

Selain itu SOLS 24/7 juga mempunyai fokus di education, Technology, Mental Health, Renewable Energy, dimana fokus utama pada education mempunyai beberapa pilar untuk melakukan kegiatan yaitu science of language, science of Technology, Science of Life.

Selanjutnya dalam Benchmarking ini, Alya Syahida Allias menjelaskan struktur organisasi dalam SOLS 24/7, yaitu terbagi menjadi 3 bagian yang bertugas sebagai Tax Exampt Foundation, Private Limited Company, & International Registered Offices. dan di bawah struktur organisasi memiliki sub – sub divisi dari masing masing divisi.

Selanjutnya Alya Syahida Allias sebagai director SOLS 24/7 menjelaskan mengenai penghargaan dalam SOLS 24/7 serta management team yang dimiliki dalam struktur metology pembelajaran, dimana SOLS 24/7 mempunyai pengajar dan juga assistant pengajar dari berbagai macam negara dan juga mempunyai berbagai macam lulusan dari berbagai universitas.

Lantas pada kegiatan benchmarking kali ini beberapa juga menjelaskan mengenai seberapa penting volunteer ?, maka bisa dijawab dari Alya Syahida Allias bahwa menjadi volunteer sangatlah penting dalam sebuah partisipasi sebagai talents dan pembelajaran serta aktivitas yang mempunyai communitas yang sangat baik. serta dipaparkan kembali hal hal yang seharusnya diketahui sebagai pembelajaraan sebelum menjadi volunteer.

Setelah beberapa pemaparan penjelasan mengenai benchmarking serta beberapa pertanyaan quiz berhadiah, kegiatan selanjutnya yaitu melakukan sesi tanya jawab untuk siapa yang ingin bertanya dan penasaran mengenai kegiatan maupun organisasi SOLS 24/7.

Chandri Wijaya