Bahayanya asap rokok bagi lingkungan

Sumber: ilustrasi berhenti merokok. ©2012 Merdeka.com

Lingkungan yang bebas polusi adalah dambaan semua orang, udara yang segar dan lingkungan ramah polusi. Udara yang bagus dan udara yang bersih berarti udara yang mengandung banyak oksigen. Oksigen sangat dibutuhkan untuk bisa kita bernafas.

Pilihlah lingkungan lingkungan yang bersih dari polusi, seperti lingkungan pabrik lalu bengkel bengkel motor, dan jalan raya. Udara disekitar tadi tidak bersih sebab polusi nya tersebar kemanna mana mereka tidak memikirkan dampak dari udara yang tidak bersih tersebut.

Asap rokok sudah terbukti dapat membahayakan kesehatan tubuh, bahkan bagi orang yang tidak merokok sekalipun. Sekadar menghirup asap rokok orang yang sedang merokok di sekitar Anda saja, tubuh Anda sudah ikut kebagian racun mematikan.

Ada beberapa contoh negara yang bisa kita contoh untuk menjadi lingkungab bersih Asap rokok sudah terbukti dapat membahayakan kesehatan tubuh, bahkan bagi orang yang tidak merokok sekalipun. Sekadar menghirup asap rokok orang yang sedang merokok di sekitar Anda saja, tubuh Anda sudah ikut kebagian racun mematikan.

Negara berikutnya adalah Irlandia. Jika Anda berpikir bahwa bir Irlandia memiliki rasa rokok, Anda salah. Irlandia adalah salah satu negara dengan kampanye kuat melawan asap rokok. Irlandia sebenarnya adalah negara pertama di dunia yang melarang merokok di tempat tertutup.

Racun asap rokok masuk ke tubuh menimbulkan ancaman kesehatan. Karena itu, Pergub KTR harus diterapkan. Tanpa asap rokok, udara bersih, sehat dan terhindar risiko merugikan kesehatan.

Seperti yang kita tau di mall, jalan raya dan lain lain, banyak orang merokok mereka tidak memikirkan sedang dimana mereka merokok, bahkan sampai ada yang merokok di angkutan umum, dan itu berdampak bagi orang orang yang ada di dalam angkutan tersebut.

Kita sebaiknya menegur perokok tersebut, sebab bila kita tidak mempunyai kesadaran untuk menegur orang tersebut akan merasa tidak bersalah dan malah terus menerus mengulang kembali, dan jika perokok tersebut masih bandel alangkah baiknya kita menghindar dari perokok tersebut.

Bagi para perokok akan lebih baik sering sering nengurangi merokok sebab selain merugikan banyak orang, merokok dapat membahaya lingkungan dan kesehatan diri pribadi, jadi berhentilah merokok selagi bisa agar lingkungan bersih polusi, tubuh sehat dan tidak merugikan orang lain.

Para peneliti menyarankan, bahwa merokok di dalam ruangan juga bisa menimbulkan masalah. Jenis sampah ini secara harfiah beracun bagi lingkungan. Bahan kimia dalam rokok seperti arsenik, nikotin, danetil fenol akan meresap ke dalam air asin dan tawar yang sangat berbahaya untuk mikro organisme dalam air dan ikan.

Bahkan kemasan rokok juga menimbulkan risiko. Plastik rokok filter sangat tidak ramah lingkungan dan dapat menebarkan zatbahan kimia berbahaya walaupun telah 10 tahun dibuang. Perkiraan sebanyak 49,8 juta kilogram filter, yang dibuang di Amerika Serikat setiap tahun.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka: https://jujubandung.wordpress.com/2011/06/14/lingkungan-hidup-yang-sehat-bebas-polusi-dan-masalah-sampah/

http://www.korankaltim.com/lingkungan-sehat-bebas-asap-rokok

https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150519120502-269-54163/jalan-jalan-ke-negara-sehat-bebas-asap-rokokhttp://nationalgeographic.co.id/berita/2014/05/apakah-rokok-juga-mencemari-lingkungan

Lieztya Priscilla Salsabila