PENTINGNYA OLAHRAGA

 

Pada zaman sekarang ini, seharusnya kita sudah sadar akan pentingnya kesehatan. Kesehatan merupakan sesuatu yang harus dijaga agar dapat menikmati dan menjalani hidup di dunia ini. Kita sudah sangat diharuskan untuk menjaga kesehatan dan ada yang bilang bahwa kesehatan itu mahal harganya dan itu sudah terbukti benar. Makna olahraga menurut ensiklopedia Indonesia adalah gerak badan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang merupakan regu atau rombongan. Sedangkan secara umum, olahraga adalah salah satu aktivitas fisik maupun psikis yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan seseorang tersebut. Olahraga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Ada beberapa orang yang ingin menjadi lebih sehat dan bugar dengan melakukan olahraga di waktu senggang bahkan disaat sedang ada aktivitas lain. Contohnya ketika sedang bekerja / kuliah, ada orang yang memilih naik tangga disbanding naik lift jika jarak lantai yang dituju dekat, selain menghemat waktu juga dapat menyehatkan badan & sekarang juga sudah banyak yang mengadakan acara olahraga bersama seperti bike to work dan event-event lari lainnya. Bahkan, dibeberapa kantor ada yang mengadakan acara senam atau jalan bersama di hari minggu ketika sedang ada car free day.

Manfaat yang bisa kita dapat dari berolahraga sangatlah banyak, mulai dari yang jasmani sampai yang rohani.  Beberapa contohnya adalah mengurangi lemak & mengurangi stress.

Olahraga lebih tepatnya bukan mengurangi berat badan namun mengidealkan berat badan seseorang. Berat badan bukan merupakan patokan apakah orang tersebut sehat atau tidak, karena beberapa orang masih berasumsi jika berat kita lebih ringan maka kita terlihat lebih bagus dan sehat. Karena ada dalam beberapa kasus, dua orang dengan tinggi yang sama namun dengan berat yang berbeda bisa jadi orang dengan berat lebih tinggi itu lebih sehat dibanding yang dengan berat yang lebih rendah. Mengapa ?, karena berat badan dipengaruhi oleh beberapa faktor contohnya kadar air, fat mass & muscle mass. Fat mass  & muscle mass sangatlah berpengaruh dibanding dengan kadar air karena kadar air setiap orang sudah seharusnya sama. Fat & muscle inilah yang menentukan apakah orang tersebut sehat atau tidak. Faktor yang paling berpengaruh dalam masa fat & muscle ini adalah pola makan. Kalori untuk manusia pada umumnya adalah 2,300 sampai 2,500 kalori dan jika kita mengkonsumsi terlalu banyak kalori maka harus kita bakar dengan cara berolahraga seperti jogging & angkat beban. Banyak orang masih berasumsi lari atau jogging dapat mengurangi banyak lemak, hal tersebut memang benar tapi tidak jika dilakukan secara berlebihan. Oleh karena itu, harus diselingkan dengan angkat beban atau olahraga berat lainnya. Karena ketika kita melakukan angkat beban atau olahraga berat lainnya, tubuh kita tidak hanya membakar lemak saat melakukan aktivitas tersebut namum proses pembakaran lemak masih akan terjadi setelahnya dan akan melakukan pembentukan otot ketika tidur dimalam harinya.

Selain manfaat jasmani yang didapat, manfaat rohani juga dapat didapat dari olahraga yaitu dapat mengurangi stress. Stress terjadi jika kita sedang / habis melakukan pekerjaan yang membutuhkan otak bekerja lebih keras dari biasanya atau jika kita terlalu memikirkan suatu masalah. Ketika kita sedang mengalami stress, tubuh akan memproduksi hormone kortisol dan epinerprin. Kedua hormone tersebut adalah hormone depresan yang mampu meningkatkan energid an tekanan darah saat tubuh menerima tekanan. Namun, ketika kortisol dan epineprin terus-menerus diproduksi tubuh akan mengalami stress kronis dan fungsi fisiologis tubuh akan terganggu, menyebabkan naiknya gula darah. Hal tersebut bisa dicegah dengan melaukan olahraga, karena olahraga dapat menurunkan hormone kortisol dan epineprin. Olahraga yang dapat dilakukan untuk mengurang stress seperti lari, yoga & pilates.

Semoga artikel yang saya buat diatas dapat membantu dikemudian hari, terima kasih.

Ansafa