Problema Pantai Muara Bungin

Pantai Muara Bungin merupakan salah satu pantai di Kecamatan Muara Gembong, yang saat ini menjadi destinasi wisata bahari di Kabupaten Bekasi. Alamat lengkapnya berada di Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Penduduk Desa Pantai Bakti berjumlah 6.282 jiwa, mayoritas masyarakat setempat memeluk agama Islam sebagai keyakinannya. Selain itu mayoritas masyarakat juga bekerja sebagai nelayan dan budidaya tambak ikan untuk sumber mata pencaharian. Hal ini tentunya berkesesuaian dengan hasil bumi yang terdapat di tempat tersebut, yaitu hasil laut.

Pantai Muara Bungin telah diresmikan sejak tahun 2019 sebagai tempat destinasi wisata, saat awal diresmikannya tempat tersebut, banyak turis yang berkunjung untuk dapat menikmati keindahan pantainya. Hal tersebut sekaligus berperan dalam membangun perekonomian masyarakat sekitar yang bekerja sebagai nelayan. Pengunjung pada umumnya membeli hasil tangkapan nelayan serta membeli makanan UMKM di pesisir pantai, hal tersebut tentunya berdampak positif kepada masyarakat sekitar.

Sayangnya saat ini kunjungan turis ke pantai Muara Bungin dapat dikatakan menurut drastis semenjak terjadi banjir rob pada tahun 2019. Sehingga hal ini juga berdampak buruk terhadap perekonomian warga sekitar yang menggantungkan nasibnya kepada penjualan produk-produk olahan UMKM yang biasanya dibeli oleh turis yang berkunjung. Hingga saat ini kondisi dan fasilitas di Pantai Muara Bungin masih belum pulih seperti sebelumnya, hal ini dikarenakan kurangnya bantuan dari Dinas Pariwisata setempat dan instansi terkait lainnya.

Harapan utama masyarakat setempat saat ini adalah bantuan langsung dari pemerintah untuk dapat menata dan membangun kembali pantai muara bungin dengan layak, sehingga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat setempat seperti sebelumnya. Terlebih lagi diketahui bahwa hingga saat ini belum ada bantuan sama sekali dari pemerintah sejak diresmikan Pantai Muara Bungin menjadi tempat destinasi wisata. Dengan demikian maka masyarakat memiliki harapan besar akan uluran tangan pemerintah agar segera menyelesaikan permasalaha ditempat tersebut.