Mengenal ORAD (Olahraga Arus Deras) lebih dekat!

Olaharaga Arus Deras atau yang lebih kita kenal arung jeram merupakan olahraga yang biasnya dilakukan di sungai-sungai. Nah biasanya kegiatan ini dilakukan 6 orang termasuk 1 skipper. Banyak materi yang bisa dipelajari dari Olahraga Arus Deras. Dimulai dari orang yang paling penting di ORAD ini yaitu skipper. Skipper adalah pemandu dalam ORAD yang memberi instruksi saat olaharaga berlangsung, tentang apakah kita harus dayung cepat atau tidak mendayung, kapan hanya bagian kanan saja yang dayung yang kiri diam dan sebagainya.

Nah tidak hanya itu di ORAD juga diajarkan cara berenang yang baik saat kita jatuh, ada 2 jenis renang yang ada yaitu aktif dan pasif. Renang pasif biasanya digunakan saat kita terjatuh di jeram, sedangkan renang aktif saat kita jatuh dan sudah melewati jeram lalu airnya sudah tenang maka kita bisa melakukan renang aktif untuk ke pinggiran sungai atau ke perahu. Selain itu ada juga Teknik dayung yang harus kita pelajari dalam ORAD seperti dayung maju dan dayung mundur yang digunakan untuk keadaan yang berbeda. Di olaharaga ini dituntut untuk saling berkodirnasi satu sama lain dan Kerjasama antar tim agar perahu dapat bergerak selaras.

Source: https://zonapetualang.wordpress.com/

Alat-alat yang biasanya disediakan di olahraga arus deras yaitu perahu, dayung, pelampung, helm, tas anti air, pompa, tali lempar, dan peluit. Barang-barang ini harus ada dalam perahu agar memastikan kesalamatan kita saat olaharaga arus deras ini. Selain Teknik dan perlengkapan kita juga harus mempersiapkan diri kita untuk melakukan olahraga arus deras ini seperti mempersiapkan fisik kita, pastikan anggota nya cukup untuk melakukan olahraga ini, tidak dianjurkan melakukan orad saat malam, hindari ORAD saat hujan, dan persiapkan mental.

Christ Anderson Wisnu