Latihan Gabungan Arung Jeram Mapala JABODETABEKA

Bogor, 11 Desember – 13 Desember 2020 – SWANARAPALA(Mahasiswa Bina Nusantara Pencinta Alam) bekerjasama dengan seluruh mapala se-JABODETABEKA kembali lagi mengadakan latihan gabungan Arung Jeram bersama yang mengambil tema “Awali dari Dasar untuk Sesuatu yang Besar”. Pada kesempatan kali ini Latgab Arung Jeram mengambil tempat Sungai Cianten, Sengkol – Cidokom, Bogor. Setelah sebelumnya berhasil mengadakan latgab yang berfokus pada navigasi darat, kali ini Swanarapala bersama dengan mapala se-JABODETABEKA mengadakan latgab arung jeram yang bertujuan meningkatkan minat teman-teman mapala lain untuk lebih mengenal dan mengetahui kegiatan di alam satu ini. Hal ini didasari karena kegiatan arung jeram sendiri masih belum terlalu umum dilakukan oleh teman-teman mapala dan juga SWANARAPALA sendiri.

Latgab Arung Jeram kali ini diawali saat seluruh peserta berkumpul bersama di daerah yang bernama aligator pada malam pertama. Setelah seluruh peserta berkumpul, semua peserta berpindah posisi ke lokasi yang lebih tinggi di perkampungan sekitar daerah tersebut untuk mendirikan tenda dan bermalam pada tempat tersebut. Pada hari kedua setelah melakukan sarapan, seluruh peserta mendapatkan pelatihan basic mengenai arung jeram, seperti cara membalikkan kapal jika terbalik, melemparkan rescue rope hingga teknik mendayung yang tepat. Hal ini dilakukan seharian sehingga peserta benar-benar mengetahui trik-trik ataupun teknik yang diperlukan saat melakukan Arung Jeram. Setelah itu pada hari ketiga seluruh peserta baru melakukan arung jeram dimana titik awal dimulai dari tempat kemah kita hingga menuju daerah aligator, tempat pertama kita berkumpul. Setelah sampai pada daerah aligator, seluruh peserta melakukan foto bersama dan bersiap untuk pulang ke rumah masing-masing

Dan terakhir, SWANARAPALA mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya ke seluruh panitia latgab kali ini yang telah mempersiapkan acara dan mengatur acara hingga berjalan dengan lancar. Selain itu ucapan terima kasih SWR juga berikan kepada seluruh peserta dan teman-teman mapala se-JABODETABEKA lainnya yang telah mengikuti dan meramaikan acara ini. Semoga dengan latgab arung jeram kali ini, ilmu serta kecintaan teman-teman mapala terhadap kegiatan Arung Jeram dapat terus meningkat, dan ilmu yang diberikan dapat dibagikan ke teman-teman mapala di organisasi masing-masing.