XY Inspirational Talks: Dimulai dari Saya

Salam Manis!

            Pada hari Sabtu, 30 Juni 2018, STMANIS mendapatkan kesempatan untuk mengisi acara dalam event yang diadakan di auditorium Binus University Kampus Anggrek oleh Binus Communication Department bersama Wahana Visi Indonesia, dengan nama acara XY Inspirational Talks: Dimulai dari Saya. Event ini bertema Kekerasan pada Anak, dengan konsep acara talkshow (inspirational talks).

            Dalam acara ini, dihadirkan beberapa narasumber yang merupakan survivor dari tindakan kekerasan pada anak. Narasumber yang hadir, menceritakan pengalaman mereka di masa lalu dan bagaimana mereka dapat bertahan hingga kini. Mereka memberikan inspirasi kepada para hadirin mengenai betapa pentingnya kepedulian terhadap kekerasan pada anak, dan betapa pentingnya upaya dari masyarakat untuk menghilangkan kasus tersebut.

            Pada kesempatan kali ini, STMANIS berkesempatan untuk mengisi dua buah agenda acara dalam event ini, yaitu visualisasi kekerasan pada anak, dan penampilan naskah dengan judul Do Re Mi.

            Teman-teman STMANIS yang berperan dalam visualisasi kekerasan pada anak, ditempatkan di “ruang hitam”, yaitu sebutan bagi ruangan kecil di depan tangga auditorium yang telah ditutup oleh kain hitam. Ruang hitam menjadi penyambut bagi para tamu setelah mereka melakukan registrasi di depan pintu auditorium. Dalam visualisasi ini, terdapat tiga kondisi yang divisualisasikan, yaitu, fenomena kekerasan dalam rumah tangga, fenomena kekerasan seksual, dan fenomena eksploitasi anak. Ketiga fenomena tersebut adalah gambaran singkat dari apa yang selama ini terjadi di dunia kekerasan pada anak. Pemeran dalam visualisasi ini adalah, Veronica dan Alifian (fenomena kekerasan dalam rumah tangga), Pertiwi Raka dan Gabriella Simatupang (fenomena eksploitasi anak), serta Nadia Joctaviani dan Bryan (fenomena kekerasan/pelecehan seksual).

            Selain visualisasi yang bertempat dekat meja registrasi tersebut, STMANIS juga menampilkan naskah dengan tema yang sama, kekerasan pada anak. Naskah ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang didalamnya terdapat kekerasan dalam rumah tangga, serta kekerasan seksual pada anak. Naskah Do Re Mi yang berdurasi sekita 15 menit ini, ditulis oleh salah satu anggota STMANIS yaitu Rifqi yang juga sekaligus menjadi sutradaranya. Terdapat lima pemeran dalam naskah ini yang diperankan oleh anggota-anggota STMANIS yaitu, Yulia, Valdiazmi, Felita, Raras, dan Kellen.

            Berdasarkan feedback dari panitia penyelenggara acara, penampilan STMANIS baik dalam visualisasi maupun di panggung telah menjadi pengisi acara yang baik dan memuaskan. Visualisasi yang dibawakan STMANIS berhasil memenuhi konsep acara yang dirancang pihak penyelenggara, serta penampilan naskah Do Re Mi juga mampu memberikan gambaran pada hadirin mengenai kemungkinan kekerasan pada anak yang dapat terjadi di mana saja.

            Dengan berakhirnya acara XY Inspirational Talks: Dimulai dari Saya ini, diharapkan seluruh anggota STMANIS dapat lebih mengembangkan kemampuan dalam berteater, serta memberikan inspirasi kepada masyarakat lewat seni teater. Sebagai tambahan, dengan mengikuti acara ini, diharapkan dapat meningkatkan kepedulian akan fenomena-fenomena memprihatinkan yang terjadi di sekitar kita, dan dapat memberikan kontribusi yang baik bagi bangsa. Selain itu, diucapkan terimakasih sebesar-besarnya pada seluruh panitia dan anggota STMANIS yang telah membantu berlangsungnya acara ini dengan lancar. Walaupun terdapat beberapa evaluasi mengenai acara ini, namun diharapkan evaluasi-evaluasi tersebut dapat menjadi pelajaran yang akan meningkatkan kinerja dan performa anggota STMANIS pada event selanjutnya.

            Sampai jumpa di event STMANIS selanjutnya!

STMANIS MAKIN MANIS!