MAKRAB 2022: TROPICAL PARADISE

Hai, Manis!

MAKRAB atau Malam Keakraban merupakan salah satu acara tahunan STMANIS yang mengundang anggota aktif hingga alumni. MAKRAB tahun ini mengambil tema “Tropical Paradise” yang ditemani maskot yang bernama Calpa berbentuk bunglon. Tropical Paradise menggambarkan keberagaman layaknya surga tropis yang penuh dengan hewan serta tumbuhan yang saling hidup dalam keharmonisan, sesuai dengan harapan bahwa anggota STMANIS dapat menjaga hubungan yang harmonis dengan saling menghargai keberagaman. Selain itu, tema ini juga bermakna TROPIC yang merupakan akronim dari  Together in One, We Perform Outstanding Creativity, maksudnya kita tetap satu dalam STMANIS, saling bekerja sama untuk belajar dan mengembangkan kreativitas hingga menampilkan sesuatu yang luar biasa.

MAKRAB 2022 diadakan pada tanggal 28 Mei secara hybrid di mana MC dan beberapa panitia bertugas secara onsite sementara panitia lain beserta seluruh peserta mengikuti acara secara online melalui Zoom Meeting. Acara dimulai dengan menyambut para peserta oleh MC pada pukul 17.00 WIB dilanjutkan dengan kata sambutan ketua STMANIS yang diwakilkan oleh Hanny Aka Ananda dan PIC MAKRAB 2022 yaitu Christopher, yang diikuti penayangan video perkenalan panitia.

Acara selanjutnya adalah ice breaking. Pada sesi kali ini, para peserta diminta untuk menebak nama hewan tropis dengan hint yang diberikan oleh MC. Dilanjutkan dengan pemutaran video pementasan dari Atom Mendung yang berjudul “Jurnal Tropical Paradise”. Pementasan ditutup dengan sepatah dua patah kata dari penulis sekaligus sutradaranya, yaitu Clarissa Yolanda. 

Untuk menyegarkan kembali para peserta, kali ini MC membuka sesi Game 1: Tropical Maze dengan media Minecraft di mana peserta diminta menjawab pertanyaan seputar teater atau flora fauna tropis untuk keluar dari maze. Sesi selanjutnya penayangan video pementasan Joran Larut yang ditutup dengan sesi tanya jawab bersama kedua penulis sekaligus sutradara dan astrada, yaitu Nandini Paramitha Trisnadi dan Aisya Septiandra.

Setelah menonton dua video pementasan, seluruh peserta diajak mengenang kembali momen-momen menyenangkan di STMANIS dengan menonton video throwback yang menampilkan berbagai kegiatan STMANIS dari tahun-tahun sebelumnya, disambung dengan sesi sharing dari kakak-kakak tingkat hingga alumni mengenai pengalaman-pengalaman di STMANIS.

Masuk ke sesi game terakhir yaitu The Tropical Hangman. Mirip seperti game hangman pada umumnya, di The Tropical Hangman para peserta akan menebak huruf atau kata yang tersedia. Apabila jawaban benar akan mendapatkan poin sementara jawaban salah hangman akan mulai tergambar. Sebelum dapat menebak huruf atau kata, para peserta diminta untuk menjawab dengan benar pertanyaan yang berkaitan dengan STMANIS terlebih dahulu.

Dilanjutkan dengan sesi pembagian ID Card pada anggota muda STMANIS, yaitu Atom Mendung, oleh Hanny Aka Ananda. Kemudian dilanjutkan pengumuman award dan pemenang lomba. Kategori award yang diberikan ialah Best Dressed Female, Best Dressed Male, dan Kakak Ter-Paradise. Award Kakak Ter-Paradise dipilih langsung oleh anggota Atom Mendung dan ditujukan untuk kakak panitia LDK-A KH yang dianggap paling bisa menenangkan dan menghibur para calon aktivis. Para pemenang tersebut adalah:

Best Dressed Male : Nyoman Cahya Kesuma
Best Dressed Female : Nandini Paramitha Trisnadi
Kakak Ter-Paradise : Hanny Aka Ananda

Tropical Maze :
1. M. Syafwan Thaariq
2. Regina Daraya

The Tropical Hangman :
1. Nandini Paramitha Trisnadi
2. Ghea Aya Sofia


Selamat ya kepada para pemenang!

Acara diakhiri dengan pembacaan doa dan foto bersama.

Dengan acara ini diharapkan anggota STMANIS dapat lebih mengenal satu sama lain dan mempererat tali persaudaraan serta dapat saling bertukar pengalaman maupun ilmu. Terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta yang ikut andil dalam Makrab 2022 sehingga dapat berjalan dengan lancar. Sampai jumpa di event STMANIS berikutnya!

STMANIS, MAKIN MANIS!

Christoper