LDK-A KAOS HITAM

Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis Kaos Hitam atau sering kali disebut LDKA KH merupakan acara tahunan untuk melatih hal – hal dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan UKM STMANIS BINUS. Acara ini diadakan selama 5 (lima) hari yang membekali para calon aktivis dengan pengetahuan seputar teater, tugas dan wewenang struktur organisasi, serta soft skills yang diperlukan sebagai aktivis. Melalui acara ini juga, para calon aktivis diharapkan dapat menjadi generasi penerus yang dapat mengembangkan STMANIS. LDKA KH 2022 diikuti oleh 20 peserta dan dilakukan secara online melalui platform Zoom. Acara ini telah dilaksanakan dengan lancar mulai dari tanggal 3 dan 4 April 2022 dilanjutkan tanggal 9 hingga 11 April 2022.

Pembukaan LDKA KH day 1 dimulai pukul 1 siang dan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai sejarah STMANIS oleh Rahmi Assyifa selaku Ketua STMANIS 2021. Kemudian, sebagai ice breaker peserta diminta untuk melakukan visualisasi, ini bertujuan untuk melatih imajinasi yang di mana peserta diminta untuk mempraktikkan secara langsung. Kegitan ini mampu mencairkan suasana ditengah-tengah banyaknya materi. Selanjutnya, ada penjelasan mengenai stage manager, pimpinan produksi & divisi produksi, serta birokrasi kampus & sekben event. Untuk melatih skill keorganisasian LDKA KH 2022 mengundang Kak Ubay selaku SOA STMANIS untuk menyampaikan materi mengenai “Birokrasi Kampus”. Tidak lupa, untuk mengukur pemahaman calon aktivis, panitia melakukan online quiz. LDKA KH day 1 ditutup dengan sesi Forum Group Discussion (FGD) mengenai sopan santun untuk meningkatkan self-development peserta di mana peserta dibagi ke dalam 3 breakout room.

Selanjutnya, LDKA KH day 2 dilaksanakan pada hari Senin, 4 April 2022 pukul 17.00 hingga selesai. Pada hari itu, calon aktivis mempelajari mengenai pementasan dan kepenulisan. Peserta mendapatkan tugas untuk membuat rancangan konsep pementasan dengan menentukan peran – peran yang terlibat dalam pementasan seperti pimpinan produksi, sutradara, stage managerscriptwriter, sekretaris, dan bendahara. Peserta disebar ke dalam 3 breakout room dan merancang di platform Google Jamboard. Kegiatan kepenulisan, LDKA KH menghadirkan Kak Tiwi sebagai alumni yang ahli dibidang kepenulisan STMANIS. Kak Tiwi menjelaskan kriteria – kriteria yang baik dalam penulisan naskah/cerita, serta membagikan tips untuk menulis sebuah naskah pementasan. Hal ini juga mampu untuk melatih imajinasi peserta melalui tugas dalam membuat premis . Tidak lupa, LDK day 2 dilengkapi dengan visualisasi dan FGD untuk motivasi.

LDKA day 3, calon aktivis fokus mempelajari mengenai divisi artistik, khususnya divisi yang telah dipilih ketika mendaftar KAOS HITAM. Calon aktivis belajar secara mendetail dari kakak – kakak STMANIS yang berpengalaman. Setelah mempelajarinya, peserta akan kembali ke dalam kelompok masing-masing dan diminta untuk menganalisa atau membedah naskah sesuai dengan divisi artistik yang telah ditentukan yang nantinya dipresentasikan dan diberikan masukan serta saran oleh juri. LDKA day 3 ditutup dengan FGD mengenai solidaritas dan tentu saja visualisasi.

LDKA day 4 merupakan acara di mana calon aktivis mempraktikkan seluruh hal – hal yang telah dipelajari melalui pementasan. Pementasan ini pastinya dipersiapkan dalam waktu singkat guna untuk melatih kerja sama, public speaking, kreativitas, dan kepercayaan diri. Di akhir acara, akan ada awards bagi kelompok pementasan, serta aktor dan aktris terbaik dalam sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Pementasan berjalan lancar dan mendapatkan feedback baik dari kakak-kakak STMANIS yang datang sebagai penonton. Akhir acara, peserta kembali melakukan FGD mengenai loyalitas di breakout room masing–masing.

Pada hari terakhir, yaitu Senin, 11 April 2022, peserta melakukan pelatihan terakhir FGD pada breakout room masing – masing dan membahas mengenai senior-senioritas. Puncak acara terjadi ketika peserta melaksanakan pelantikan yang berarti ke-20 peserta yang mengikuti LDKA KH resmi menjadi aktivis STMANIS dan juga terdapat pelantikan untuk 11 anggota tetap STMANIS.