Tips&Tricks: Menjaga Stamina Vokal

Bagi pemain teater, vokal yang kuat menjadi keharusan tersenderisi ketika berdialog di atas panggung. Begitu juga dengan penyanyi bahkan pembawa acara sekalipun memerlukan vokal yang padat dan jelas. STMANIS salah satunya. Latihan vokal selalu menjadi rutinitas dalam latihan rutin kami. Lalu, bagaimana dengan orang-orang dengan vocal lemah? Berikut ini adalah tips-tips untuk menjaga agar vokalmu tetap bulat dan kuat.

 

 

  1. Tetap Melatih Pernafasan

Banyak orang yang merasa malas melatih pernafasan karena terlihat sepele atau membosankan. Di STMANIS sendiri, teknik dasar melatih vokal dan pernafasan dengan cara mengucapkan huruf vokal A-I-U-E-O dengan lantang dan suara yang bulat. Tarik nafas yang dalam, lalu teriakkan huruf vokal satu-persatu.  Jika terasa membosankan, alternative lain yaitu menyanyikan lagu yang nada dasarnya tidak sulit, lalu mengganti tempo dan pitch dari lagu tersebut.

 

 

2. Diafragma

Kesalahan besar adalah terlalu sering latihan vokal keras menggunakan nafas tenggorokan atau leher. Diafragma adalah menggunakan suara perut. Hal ini akan meminimalisir sakit tenggorokan atau kehilangan suara sementara.

 

 

Ginger root
  1. 3. Mengonsumsi Kencur.

Kami percaya bahwa kencur memiliki khasiat untuk memperbaiki kualitas suara dengan cara dimakan langsung.

 

 

  1. Kurangi jenis makanan berminyak.

Makanan dengan kadar minyak tinggi seperti gorengan haram hukumnya jika anda akan perform dalam waktu dekat.Makanan berminyak dapat mempengaruhi tenggorokan dan menyebabkan radang, lho.

 

 

Nah, itu dia tips-tips dari STMANIS untuk menjaga vokal kalian agar tetap stabil dan kuat! Semoga bermanfaat ya!

Cynthia Martha Yolanda