Dancer Muda Berprestasi, Yuk Kenalan dengan Miyu!

Hai, Dancers! Pasti beberapa dari kalian yang sedang membaca artikel ini sudah tidak asing dong dengan akun Instagram @matamiyu? Yup! Miyu adalah seorang anak kecil asal Indonesia yang berhasil menarik perhatian banyak orang, terutama di kalangan dancer. Tidak hanya viral secara nasional, tetapi juga di kalangan dancer internasional karena penampilannya dalam salah satu festival tari terbesar se-Asia Tenggara. Yuk kita langsung kenalan sama Miyu!

Miyu Ananthanaya Pranoto atau yang lebih dikenal dengan nama panggilan Miyu adalah anak berumur 9 tahun yang kerap mengikuti battle dance competition di Indonesia dan berhasil memenangkan beberapa penghargaan. Beberapa unggahan melalui Instagram pribadinya menunjukkan bahwa Miyu adalah anak yang berprestasi dengan keberhasilannya mencapai Top 8 dalam acara The Floor Throne Vol. 7, Eat D’ Beat Power Up 2022, Semi-finalist dalam Circle of Ampera 2022, Finalist dalam Street Evolution 2022, Runner Up dalam Groove Junction 2022 & Dance Hall Battle Maad Steppa Blazin Up Chapter 2, serta Champion dalam acara Universitas Indonesia Dance Battle Championship 2022.

Baru-baru ini, Miyu menunjukkan kebolehannya dalam mengikuti workshop dan kompetisi menari dalam acara Summerjam Dance Camp dan Radikal Forze Jam di kota Da Nang, Vietnam. Momen Miyu menarik perhatian banyak orang adalah pada saat salah akun dance di Instagram dengan username @stanceelements mengunggah video tari Miyu pada acara tersebut. Hingga saat ini, video tari Miyu telah ditonton sebanyak 21.3 juta kali dan disukai oleh lebih dari 1.9 juta orang. 

Ibu dari Miyu, Melissa mengaku tidak menyangka bahwa anaknya akan viral dan mendapat banyak perhatian dari banyak orang. Sang ibunda mengatakan bahwa tujuan awal Miyu mengikuti acara ini adalah untuk mengikuti workshop dengan para dancers yang diidolakan oleh Miyu. Melalui unggahan Instagram Miyu, ia berkesempatan untuk menari bersama Anthony Lee dari grup tari The Kinjaz. Selama berada di Vietnam, ia juga tidak melewatkan kesempatan untuk mengikuti kompetisi menari, yang dimana video Miyu dalam kompetisi ini menjadi viral dan Miyu lebih dikenal oleh banyak orang. Ibunda Miyu juga mengatakan bahwa anaknya adalah peserta paling muda dalam kompetisi tersebut. 

Nah, gimana nih, dancers? Pastinya kita patut berbangga dengan Miyu ya! Yuk kita apresiasi karya anak bangsa, majukan industri seni tari di Indonesia dan raih prestasi untuk memajukan bangsa!

 

Referensi

https://www.kompas.com/hype/read/2023/03/31/151915966/ibunda-tak-menyangka-dance-battle-miyu-menarik-perhatian-stance-elements

https://www.kompas.com/hype/read/2023/03/31/140753766/cerita-miyu-anak-9-tahun-yang-masuk-final-kompetisi-dance-di-vietnam

Tarensha Liando