How Dancing May Benefit Both Your Body and Mind

Halo dancers, siapa nih yang biasanya mau tau apa saja keuntungan menari untuk otak dan juga pikiran? Kali ini STAMANARA akan membagikan “How dancing may benefit both your body and mind”.

Berikut merupakan “How dancing may benefit both your body and mind”, check it out:

  • The benefit of dancing for your brain:
  1. Meningkatkan pembelajaran, memori, dan kinerja otak secara keseluruhan

Satu studi menemukan bahwa Zumba, yang terinspirasi oleh tarian Amerika Latin, membantu meningkatkan keterampilan kognitif, seperti persepsi visual dan pengambilan keputusan, serta suasana hati. Penelitian lain menunjukkan bahwa menari dapat membantu membuat hubungan baru antara daerah otak yang terlibat dalam memori jangka panjang dan fungsi eksekutif. Beberapa dokter juga merekomendasikan latihan tari dan gaya tarian untuk membantu pulih dari cedera otak.

  1. Dapat mengurangi risiko demensia

Menari juga dapat membantu mencegah masalah memori yang lebih serius. Ini terutama benar ketika menari dalam kelompok atau dengan pasangan. Satu studi menemukan bahwa dari 11 olahraga yang berbeda (termasuk menari, berenang, golf, bersepeda, tenis, dll.), menari adalah satu-satunya pilihan dengan risiko demensia yang lebih rendah pada peserta studi. Para ahli mengaitkan manfaatnya dengan kombinasi interaksi sosial dan fokus mental. Studi lain tahun 2017 menemukan bahwa menari dapat meningkatkan jumlah materi putih di otak. Materi putih biasanya memburuk seiring bertambahnya usia yang dapat menyebabkan penurunan kognitif.

  • The benefit of dancing for your mind:
  1. Merasa lebih baik dan mengurangi stress

Dalam sebuah studi tahun 2015 dalam melihat motivasi orang untuk menari, “mood boost” menduduki puncak daftar. Ini karena tarian itu ekspresif dan memungkinkan Anda untuk melarikan diri dan melarikan diri dengan cara yang biasanya tidak diperbolehkan di masa dewasa. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa terapi tari dapat mengurangi depresi dan tekanan mental pada pasien dengan penyakit serius seperti kanker payudara dan penyakit parkinson. Sebuah studi tahun 2014 juga menemukan bahwa menari membantu tubuh anda melepaskan endorfin yang membuat anda merasa baik (lebih dari olahraga lainnya), menurunkan kadar hormon stress kortisol, dan membantu anda merasa lebih baik.

  1. Membuat kita bersosialisasi

Kelas dansa dan latihan gaya tari sering dilakukan dalam kelompok dan memungkinkan kohesi sosial biasanya di lingkungan yang sangat nyaman, ringan dan lapang. Tergantung pada gaya dansa yang anda pilih (seperti salsa atau swing dance), anda bahkan dapat berpasangan dengan pasangan setiap minggu untuk menjadi sahabat yang sempurna.

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Menari memberi anda latihan dan memperoleh keterampilan baru. Ini sangat bermanfaat dan meningkatkan kepercayaan diri anda. Penelitian menunjukkan bahwa segala bentuk olahraga dapat meningkatkan kepercayaan diri anda (dan itu tidak menghentikan anda untuk menemukan apa yang terbaik untuk anda). Tetapi ada sesuatu tentang menguasai koreografi baru atau melakukan gerakan baru yang terasa siap untuk menghadapi dunia.

Inilah beberapa informasi tentang “How dancing may benefit both your body and mind“. Semoga ini membantu dan bermanfaat bagi kalian dancers.

STAMANARA? AHEEE!~