Tips dan Tricks dalam Membuat Gerakan Dance terlihat Smooth dan Clean

Hi dancers! Pernahkah kalian bertanya-tanya bagaimana dancer favoritmu dapat menghasilkan gerakan yang smooth dan clean? Atau pernahkah kalian kesulitan untuk menghasilkan gerakan yang smooth dan clean? Nah dancers, kalian tidak perlu bingung untuk meningkatkan skills ini, karena ada beberapa tips dan tricks mudah yang dapat membuat kalian menghasilkan gerakan yang smooth dan clean dalam menari, antara lain:

  1. Mengembangkan kesadaran tubuh (Body awareness)

Untuk menjadi penari dengan gerakan yang clean, adakala pentingnya untuk mengembangkan kesadaran agar dapat meniru gerakan orang lain di sekitar kita. Pada waktu tertentu, kita harus tahu di mana setiap bagian tubuh ditempatkan, hingga ke ujung jarimu. Ide terbaik adalah untuk selalu memperhatikan apa yang dilakukan oleh tubuh kita sehubungan dengan apa yang kita inginkan. Seperti apakah jari-jari kaki kita mengarah ke dalam atau ke luar? Bahu tegang atau rileks? Kita bisa memperhatikan detail itu dengan berlatih sembari melihat ke cermin dan  mencoba untuk mencocokkan atau menyempurnakan gerakan apa yang ingin dibuat.

  1. Mengetahui basic angle diri sendiri

Ada sudut dan posisi tubuh tertentu yang akan membantu kita dalam menghafal gerakan karena sering digunakan. Dengan memperhatikan sudut-sudut ini, secara tidak langsung akan menjadikan sifat ini sebagai sifat yang natural ketika menari. Apabila kita baru mulai mempelajari cara menari, maka kita dapat membiasakan diri untuk melatih basic angle tubuh kita saat menari, sehingga hal ini tidak akan menjadi sesuatu yang secara sadar harus diperhatikan sepanjang waktu. Contoh angle yang sering digunakan saat menari adalah 45 dan 90 derajat.

  1. Menggunakan otot tubuh (Power)

Saat menari, apabila lengan atau bagian tubuh lainnya sedang lemas, tarian tersebut akan terlihat berantakan. Hal ini dapat dihindari dengan menggunakan kekuatan otot tubuh dan menganggap otot tubuh kita sebagai rem dalam gerakan menari. Saat-saat yang tepat ketika kita harus menggunakan kekuatan otot tubuh adalah agar membuat gerakan terlihat lebih bersih dan rapih. Hal ini pun juga dapat mengembangkan memori otot dalam mengendalikan gerakan kita dalam menari.

  1. Menentukan jalur gerakan tersendiri

Untuk menjadi penari yang lebih clean, ada pentingnya bagi kita untuk memikirkan jalur gerakan ketika sedang menari. Contohnya adalah saat kita mencari petunjuk arah di maps, maka arah tersebut menunjukkan cara yang berbeda dari dari titik A ke titik B. Tentu saja pada akhirnya kita akan sampai ke tempat tujuan, tetapi seluruh jalur tersebut terlihat berbeda. Hal ini pun sama juga dengan ketika kita sedang mempelajari suatu  koreografi dan merasa tidak melakukannya dengan benar, cobalah untuk memperhatikan serta menentukan jalur gerakan diri kita sendiri.

  1. Belajar untuk mengendalikan kecepatan saat menari

Mampu menguasai waktu, dapat bergerak lambat, ataupun mampu bergerak cepat hanya dapat diterapkan dengan baik apabila dilakukan dengan smooth dan clean. Namun, jika kita tidak dapat melakukan gerakan dengan benar pada kecepatan 1/10, maka tidak dapat dipungkiri kita melakukannya dengan tepat dalam tempo. Maka dari itu, sebagai awalan kita harus memulainya secara perlahan terlebih dahulu, seperti mengambil sepotong gerakan dan mengulanginya beberapa kali dengan sangat lambat, sehingga secara garis besar bisa mendapatkan gambaran dengan benar dan mampu memahami bagaimana rasanya kecepatan tersebut di tubuh kita. Setelah itu, secara bertahap mencoba untuk mempercepat tempo menari hingga bisa sesuai dengan yang aslinya. Hal ini pun tentu membantu kita kedepannya apabila ingin melakukan cast atau mempelajari dasar lainnya.

  1. Melatih untuk gerak kaki yang solid

Ketika kita melakukan gerakan koreografi atau gaya lainnya, pasti kita ingin benar-benar me-solidkan gerakan kita sehingga tidak akan jatuh saat menari. Seperti yang kita ketahui, kaki merupakan tumpuan kita yang akan menahan diri kita ke lantai saat sedang menari. Apabila kita tergoyah saat mencoba bergerak, maka kemungkinan besar kita tidak dapat melakukan gerakan lainnya yang secara 100% akan benar.

STAMANARA? AHEEE~

Referensi:

https://www.steezy.co/posts/how-to-be-a-cleaner-dancer