SugarHill Gang

THE SUGARHILL GANG

“I said-a hip, hop, the hippie, the hippie
To the hip hip hop-a you don’t stop the rock
It to the bang-bang boogie, say up jump the boogie
To the rhythm of the boogie, the beat
.”

Ditulis Oleh: Louis Christopher | 2 Maret, 2017

Hidup sebagai seorang penari tentu sudah tidak asing lagi dengan lagu bergenre hip hop, terlebih hampir setiap film documenter dan film Hollywood yang mengangkat genre dance selalu menyisipkan lagu lagu hip hop yang dimana identik dengan rap, terutama lagu Hip Hop pada era 80an akhir hingga 90an. Dari era tersebut lahirnya rapper rapper terkenal yang bahkan masih aktif dan melegenda, seperti Jay-Z, Eminem, Busta Rhymes, dan Wu-Tang Clan, tapi tahukah anda siapakah pelopor dibalik semua itu? Tak lain dan tak bukan merekalah “ The Sugargang Hill” pencipta lagu rap pertama di dunia dan sekaligus sebagai inspirasi dari berbagai grup rap ternama di dunia seperti N.W.A (Niggas With Attitude), dan Wu-Tang Clan.

Image result for sugarhill gang rapper's delightCover Album mereka yang berjudul “Rapper’s Delight” dimana judul lagu pertama mereka menginspirasi mereka untuk menamai judul album pertama mereka.

Beranggotakan tiga orang yang lahir di New Jersey ( Michael “Wonder Mike” WrightHenry “Big Bank Hank” Jackson, dan Guy “Master Gee” O’Brien.), mereka menciptakan sebuah lagu yang menjadi cikal bakal lagu rap yang kita dengar sekarang ini, yaitu “Rapper’s Delight”. Lagu tersebut berhasil mendapat posisi 4 di billboard RnB (Rock and Blues) Amerika Serikat, dan posisi 3 di Billboard Britania Raya.

Image result for sugarhill gang rapper's delight

Dengan lagu berdurasi 14 menit lebih, mereka berhasil menarik perhatian dunia, karena teknik menyanyi mereka yang pada saat itu masih dianggap sebagian besar orang unik dan susah untuk dilakukan. Tanpa mereka mungkin kita tidak akan mendengar penyanyi rap yang mungkin lagu karya mereka masuk kedalam salah satu lagu favorit kita seperti Eminem, Jay-Z, Drake, Rich Chigga, Desiigner, dan lain-lain. Sekiranya dengan kita mengingat kembali apa yang sudah dilakukan oleh para pelopor, kita belajar untuk bersyukur, dan berterima kasih karena tanpa jasa yang mereka lakukan, kita tidak akan bisa seperti sekarang, manfaat dari apa yang mereka lakukan mungkin kita tidak merasakannya secara langsung dari mereka, tetapi apa yang telah mereka tinggalkan untuk generasi-generasi baru seperti kita, yang telah mengalami akulturasi dan modernisasi. Berikut adalah penggalan lagu Rapper’s Delight karya The Sugarhill Gang :

I said a hip, hop, a hippie to the hippie

to the hip hip hop, you don’t stop

the rockin’ to the bang bang boogie say up jumps the boogie

to the rhythm of the boogity beat

Now what you hear is not a test,

I’m rappin’ to the beat And me, the groove, and my friends,

are gonna try to move your feet

You see, I am Wonder Mike, and I’d like to say hello

to the black, to the white, the red, and the brown, the purple and yellow

But first, I gotta bang bang the boogie to the boogie

Say up jump the boogie to the bang bang boogie

Let’s rock, you don’t stop

Rock the rhythm that will make your body rock

Well, so far you’ve heard my voice,

but I brought two friends along

And next on the mic is my man Hank Come on,

Hank, sing that song Check it out,

I’m the C-A-S-AN-the-O-V-A and the rest is F-L-Y

You see I go by the code of the doctor of the mix

and these reasons I’ll tell ya why

You see I’m six foot one and I’m tons of fun and I dress to a ‘T’

You see I got more clothes than Muhammad Ali and

I dress so viciously

 

Terima kasih telah membaca, semoga kita tidak akan melupakan jasa – jasa para pelopor dalam kultur Hip Hop dan selalu bersyukur dan berterima kasih kepada mereka atas dedikasi mereka untuk kemajuan kultur dan budaya Hip Hop secara mendunia.

Image result for sugarhill gang rapper's delight

 

Louis Christopher