Tips and Tricks to Learn Choreography Quickly

Hi Dancers! Pastinya kita sudah tidak asing dong dengan belajar koreografi. Mulai dari beginner dancers hingga advanced dancers pastinya pernah mengalami kesulitan belajar suatu koreo. Namun terkadang kita harus mempelajari suatu koreo dalam waktu yang singkat. Pastinya untuk belajar koreo dengan cepat ada tips and tricks nya loh. Namun jangan lupa bahwa tips and tricks ini akan lebih mudah diterapkan jika kalian terus berlatih dan mengasah skills kalian. Nah, disini kami menyediakan 5 tips and tricks bagaimana cara agar kalian bisa mempelajari suatu koreo dengan lebih cepat, yaitu sebagai berikut:

 
1. Focus
Tentunya key point dalam belajar koreo baru adalah dengan focus. Jadi sebelum mulai mempelajari koreo baru coba lakukan beberapa mental exercise agar saat belajar nanti focus kalian tidak mudah hilang.

2. Stop moving and look
Tentunya dalam belajar koreo kita harus bergerak. Namun, ada waktunya juga dimana kita harus stop bergerak karena terdapat beberapa detail-detail yang pelatih tidak akan ajarkan karena akan memakan waktu lebih banyak. Jadi stop moving for a while dan coba perhatikan gerakan choreographer mu.

3. Put it on loop
Repetisi merupakan hal yang krusial dalam belajar koreo. Selain untuk mengingat koreo, dengan repetisi kalian juga dapat melihat lebih jelas detail-detail kalian yang kurang dan juga kalian dapat memperbaikinya.

4. Don’t watch the choreographer
Kalian pasti pernah saat belajar kalian terlalu memperhatikan pelatih sehingga ketika disuruh untuk melakukan sendiri kalian akan lupa. Maka dari itu coba minimalisir fokus kepada pelatih. Perhatikanlah gerakan dan pahamilah execution pelatih lalu coba sendiri. Coba tantang dirimu untuk mengurangi memperhatikan pelatih dan cobalah koreo yang baru dipelajari sendiri tanpa melihat pelatih.

5. Go full out
Marking movement memang sangatlah efektif jika kalian sedang menunggu giliran. Namun, jika kalian benar-benar ingin mengingat koreo diluar kepala maka kalian harus bergerak dengan lepas. Dengan cara itu maka koreo akan lebih mudah diingat dan diulang kembali.

Berikut 5 tips and tricks bagaimana kalian bisa belajar koreo dengan lebih cepat. Terakhir jangan lupa untuk have fun dan enjoy ya dancers sehingga kalian saat belajar merasa lebih senang dan termotivasi!

STAMANARA? AHEEE~

Reference:
https://www.steezy.co/posts/5-dance-tips-to-pick-up-choreography-fast https://www.danceadvantage.net/learn-choreography-quickly/