Apa itu Tari Tradisional Modern?

Seperti yang kita ketahui, negara kita Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dan budaya yang berbeda-beda. Di setiap wilayah Indonesia memiliki keunikan dan kekhasannya sendiri mulai dari bahasa daerah, lagu daerah, pakaian adat, upacara adat, rumah adat, hingga tarian daerah yang beragam.

Nah, kalian tau tidak bahwa tarian daerah ternyata dapat dibedakan menjadi dua yaitu, tari tradisional dan tari kreasi baru.

Apa sih perbedaan dari kedua jenis tarian ini?

Berdasarkan pengertiannya, tari tradisional merupakan suatu tarian yang berasal dari suatu daerah yang sudah diwariskan secara turun-temurun sehingga berkembang menjadi suatu budaya dari daerah tersebut. Sedangkan tari kreasi baru atau tari tradisional modern merupakan salah satu jenis tarian tradisional yang sudah dikombinasi atau dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

Berdasarkan unsur-unsurnya, tari tradisional akan menggunakan iringan berupa musik tradisional daerah seperti menggunakan gamelan, suling, gong dan sebagainya. Selain itu, terdapat unsur seperti gerakkan (choreo) , pakaian (costume), dan tata rias (make up). Tari tradisional akan sangat mengikuti nilai-nilai budaya daerah masing-masing. Sedangkan tari kreasi baru menggunakan iringan yang berasal dari perpaduan unsur musik tradisional dan modern yang cocok dengan gerakan maupun unsur tarian tersebut. Tari kreasi baru ini akan memberikan kombinasi dan modifikasi pada sebagian gerakan, yaitu gerakan tari tradisional  dengan gerakan tari modern yang unik. Tari kreasi modern dapat mengubah pakaian (costume) ke arah yang lebih modern serta tata riasnya juga dibuat lebih bervariasi berdasarkan tema yang dipilih karena tari kreasi baru ini merupakan suatu perkembangan dari kreativitas individu atau kelompok tertentu.

Nah, sekarang kalian udah tau kan kalau tari tradisonal itu ternyata bisa di padukan dengan tari modern loh.

Semoga penjelasan ini bisa menambah wawasan kalian ya. See you 👋🏻

STAMANARA? AHEEEE~ 💃🏼💃🏼

Oleh : Katrin & Erika