Dancing Vocabularies You Might Not Know

Dancing Vocabularies selalu menjadi sesuatu yang menarik dan penting untuk diingat dan dipelajari oleh para dancer. Tanpa kalian sadari dance juga memiliki kosakata yang unik loh! Yuk kita simak lebih lanjut!

Seringkali dancer profesional menggunakan istilah-istilah ketika mereka sedang mengajar ataupun berkomentar pada saat perlombaan seperti “Musicality choreonya bagus banget aku suka!”, “Power kalian beda-beda, sering kebanting jadinya satu sama lain.”, “2×4 ini aku mau kamu full out ya.” Tanpa kalian sadari, hal-hal tersebut masuk ke dalam vocabularies dalam dunia dance

Seperti yang sudah kita ketahui, Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional, pastinya istilah-istilah umum tersebut tidak sedikit yang menggunakan bahasa Inggris. Namun, kembali lagi kepada masing-masing dancer mengenai penggunaannya. Yang pasti, semua istilah yang digunakan memicu ke pengertian yang sama.

Pada kesempatan kali ini, STAMANARA ingin memperkenalkan kosa kata dalam dunia dance yang mungkin kalian belum pernah dengar/ketahui sebelumnya. Ditambah lagi dengan mempelajari istilah-istilah dance, kita akan semakin mengetahui lebih dalam mengenai dunia dance itu sendiri. Berikut beberapa dancing vocabularies yang digunakan oleh para dancers yang mungkin kalian belum pernah dengar sebelumnya:

  • Marking

Pastinya kalian pernah melihat dimana seorang dancer bergerak mengikuti irama musik untuk menghafal suatu gerakan baru tanpa menggunakan power/tenaga kan?

Marking ini merupakan strategi pengurangan power yang dilakukan oleh para dancer ketika sedang berlatih/menghafal gerakan baru. Selain untuk menghemat energi, Marking juga bertujuan agar para dancers paham akan beat mana yang harus dilakukan dengan tenaga ataupun kecepatan yang kecil maupun besar.

Jadi, singkatnya Marking ini menandai bahwa seorang dancer tidak sedang tampil, ia hanya sedang latihan. 

( Contoh Marking: https://youtu.be/NLzTkkqRn-s )

  • Full Out

Full Out atau penuh adalah melakukan sesuatu aktivitas dengan kemampuan tertinggi yang kalian miliki. Begitu pula dengan dancer, ia menari seakan seperti sedang di panggung, didepan orang banyak, seperti menari saat sedang audisi untuk mengejar impian. 

( Contoh Full Out : https://youtu.be/NLzTkkqRn-s )

  • Ball Change

Ball Change merupakan gerakan yang cukup sederhana, mudah diingat dan dilakukan, dan cukup menarik untuk dilihat karena hanya dilakukan dengan 2 hitungan. Ball Change ini dilakukan dengan mentransfer tumpu ke kaki, kemudian melangkah kembali ke kaki yang lain. Gerakan ini biasanya terhubung ke gerakan lainnya, seperti gerakan “Kick Ball Change”. 

( Contoh Ball Change: https://youtu.be/kklPHWBatoQ

  • Milking

Milking.. memerah susu sapi? Eitss bukan itu yang dimaksud! Milking disini, bukan lebih ke arah memerah susu, melainkan disaat para dancers bergerak lebih perlahan dengan speed control yang bagus. Istilah ini berasal dari idiom Bahasa Inggris yaitu “Milk it for all it’s worth” yang berarti mengambil semua kesempatan dalam suatu situasi (pada saat menari). Tujuan dari milking adalah membawa gerakan yang cocok dengan lagu yang digunakan sehingga terlihat smooth di mata para penonton.

( Contoh Milking: https://youtu.be/6nVO0h5DiJY )

  • Isolation

Isolation adalah disaat para dancers fokus menggerakan satu atau dua anggota tubuh mereka sedangkan yang lain diam agar para penonton fokus kepada gerakan tersebut. Gerakan ini dapat dilakukan oleh bagian tubuh yang mana saja dari kepala sampai ujung kaki. Dibutuhkan kemampuan untuk menggerakkannya dengan detail dan clean untuk benar-benar pull off atau melakukan isolation dengan bagus.

( Contoh Isolation: https://youtu.be/Xgsk7yvSiPg )

  • Cypher

Gerakan robotik? Eits bukan juga! Cypher yang dimaksud adalah disaat para dancers membentuk sebuah lingkaran lalu secara bergantian maju ke tengah untuk menunjukkan kemampuan tarinya. Biasanya ini dipraktekkan oleh freestyle dancers ataupun dance battle.

( Contoh video Cypher: [https://youtu.be/gp8lmIJKWGY )

Nah, dengan kita mengetahui istilah-istilah di atas, pastinya akan lebih membantu kita untuk lebih memahami dan mengerti mengenai dunia dance dengan lebih baik dan mendalam. Istilah-istilah di atas tidak berhenti sampai sini saja, dan tentunya masih banyak istilah-istilah lain yang perlu kalian pelajari. Terutama apabila kalian sudah terjun ke dalam dunia dance, dan lebih spesifiknya dalam genre yang kalian dalami. 

Jangan lupa cek instagram kami ya, di @stamanara untuk mengenal dance lebih lanjut!

Semoga Membantu! 

STAMANARA, AHEE!~

Ariella Shenny Lin & Amanda Putri 

(Sumber: https://www.steezy.co/posts/dance-terms-dictionary )