Mengapa Menari itu Baik Untuk Kamu!

Mengapa Menari Itu Baik Untuk Kamu!

Menari adalah salah satu cara mengungkapan persaaan yang disampaikan melalui gerak ritmis nan indah. Walaupun populer di kalangan remaja, menari sebenarnya digemari oleh seluruh kalangan, tanpa ketentuan usia. Tanpa disadari, kita akan memperoleh begitu banyak manfaat dengan menari. Tidak hanya untuk mengekspresikan diri, berikut 10 alasan kuat mengapa menari itu baik untuk kamu!

Source: https://www.thetimes.co.uk/imageserver/image/

 

  1. Olahraga Yang Menyenangkan

Olahraga yang serius memang akan membuat kita lebih cepat merasa lelah dan bosan. Menari merupakan alternatif terbaik! Saat menari, hampir seluruh anggota tubuh kita bergerak aktif dan tak jarang kita mengeluarkan keringat setelahnya. Berarti, menari setara dengan melakukan olahraga.

  1. Koordinasi Yang Baik

Menari dapat juga dijadikan media berlatih konsentrasi dan kefokusan. Ketika menari, kita membutuhkan kontrol tubuh, ketepatan waktu, serta keterampilan dalam berkoordinasi yang seimbang dan baik. Oleh karenanya, kita akan belajar bagaimana menari dengan tenang tetapi tetap sesuai dengan tempo.

 

  1. Membangun Kepercayaan Diri

Secara tidak sadar, menari akan membangun kepercayaan diri di masing–masing diri penari. Hal ini dikarenakan menari akan memberi kita rasa keberhasilan dan menciptakan prestasi ketika kita melakukannya.

Source: https://thespinoff.co.nz/wp-content/uploads/2019/05/DWTS-EP07-113.jpg

  1. Memperbanyak Relasi

Jika diperhatikan, para penari mayoritas berasal dari suatu komunitas. Bisa berupa komunitas berdasarkan domisili, genre, atau lain sebagainya. Dengan berada dalam suatu kelompok tentunya kita akan bertemu dengan orang–orang baru dan memperluas lingkaran pertemanan kita. Belum lagi menari juga dapat menyatukan kita dengan komunitas lainnya.

  1. Meningkatkan Mood

Riset membuktikan bahwa saat menari, antidepresan alami– atau juga biasa disebut endorphin dalam tubuh kita akan meningkat dan membuat kita semangat. Hal tersebut dapat meringankan suasana hati dan mengurangi risiko terhadap depresi.

  1. Menurunkan Berat Badan

Menggerakan tubuh secara aktif merupakan cara terbaik untuk membakar kalori. Menari termasuk suatu aktivitas olahraga, yaitu olahraga rekreasi. Jadi dengan menari, kita juga dapat menurunkan berat badan kita, loh! Sungguh menyenangkan, bukan?

Source: https://i.ytimg.com/vi/kqSG4asfCwA/maxresdefault.jpg

  1. Meningkatkan Kesehatan

Secara tidak langsung, kita akan memperkuat otot, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi, bahkan menurunkan risiko penyakit jantung koroner ketika menari. Tentunya hal tersebut menjadi keuntungan bagi kita karena akan membuat kita selangkah lebih jauh dari penyakit–penyakit berbahaya.

  1. Baik Untuk Tulang dan Sendi

Menari merupakan kegiatan menahan beban atau biasa disebut dengan weight-bearing. Dengan melakukan kegiatan tersebut, kepadatan tulang akan meningkat untung jangka yang cukup panjang karena akan mengurangi risiko osteoporosis. Nah, terbukti kan bahwa menari akan menjaga kesehatan tulang dan sendimu?

  1. Bagus Untuk Kesehatan Mental

Mengekspresikan diri melalui menari akan membuat pikiran kita menjadi aktif dan merupakan suatu latihan mental yang baik. Dikarenakan, menari dapat meningkatkan sirkulasi ke otak dan membantu merangsang memori dengan mengingat gerakan atau mungkin juga ketika kita bergerak secara bebas.

  1. Meningkatkan Kebugaran

Keunggulan yang pastinya jelas didapatkan dari menari adalah tingkat kebugaran tubuh. Menari memiliki jutaan dampak positif yang luar biasa pada kesejahteraan, baik untuk fisik maupun psikologis.

Source: https://thumbs.dreamstime.com/z/

 

Gimana, guys? Terbukti, kan! Menari sangat baik untuk kita semua. Sisihkan sedikit waktu untuk mengungkapkan perasaan kamu dengan bergerak bebas sesuai kondisi hati. Jangan lupa check dan follow laman instagram STAMANARA di https://www.instagram.com/stamanara/ agar kamu nggak ketinggalan informasi menarik tentang menari lainnya!