STAMANARA Goes To Cambodia

Pada tanggal 20 November 2019, STAMANARA mendapat kesempatan untuk membawa nama Indonesia ke dunia Internasional. STAMANARA mendapat undangan dari organisasi UPF (Universal Peace Federation) untuk menampilkan budaya dan tarian Indonesia di acara Youth and Family Festival for Nation – Building & Peace yang diadakan di Phnom Penh, Kamboja. Pada kesempatan ini, 22 orang perwakilan dari STAMANARA akan menampilkan Tari Piring dan Ratoeh Jaroeh.

18 November 2019, hari pertama perjalanan STAMANARA di Kamboja. Seluruh performer bekumpul di bandara Soekarno-Hatta beberapa jam sebelum keberangkatan. Final check kostum dan perlengkapan, kemudian diikuti dengan doa bersama untuk memastikan keberhasilan performance di Kamboja. Maka dengan ini perjalanan STAMANARA ke Kamboja pun dimulai. Setelah penerbangan selama 4 jam, sampailah STAMANARA di bandara Phnom Penh, Kamboja. STAMANARA pun disambut oleh pihak panitia acara disertai dengan pengalungan kain khas Kamboja sebagai tanda penyambutan STAMANARA sebagai perwakilan Indonesia. Seluruh performer kemudian dijemput menuju ke Hotel Sokha, dimana mereka akan menginap selama 4 hari kedepan. Setelah check-in dan istirahat, STAMANARA langsung melaksanakan dinner bersama performer dari negara-negara lain seperti Filipina dan Nepal.

Hari kedua STAMANARA di Kamboja diisi dengan rehearsal di Koh Pich Theater Phnom Penh, Kamboja. Rehearsal dilakukan bersama beberapa perwakilan dari negara-negara lain seperti Nepal, Filipina, Korea, China, dan Kamboja. Setelah semua persiapan acara dilihat sudah mantap, seluruh performer diberi kesempatan untuk mengunjungi Central Market dan AEON Mall Kamboja.

Tiba saatnya pada hari ketiga, dimana STAMANARA sebagai perwakilan dari Indonesia dan beberapa negara lainnya akan tampil di panggung Koh Pich Theater. Di hari penampilan ini kami berkumpul pukul 6:30 untuk melakukan persiapan seperti makeup, packing kostum, sarapan, dll. Dalam seluruh persiapan ini, STAMANARA dibantu oleh coach kami yaitu Kak Ici.

Acara yang dihadiri oleh banyak petinggi negara ini pun dimulai tepat pukul 2 siang. Setelah sambutan dari MC, setiap negara yang telah berlatih pun menghiasi dan meramaikan panggung, termasuk STAMANARA dengan Tari Ratoh Jaroeh dan Tari Piring-nya. Keseluruhan kegiatan dalam acara ini berjalan dengan lancar hingga pembagian sertifikat penghargaan bagi para performer. Hari ini juga diakhiri dengan makan malam penutupan di Hotel Sokha.

Hari keempat adalah hari terakhir kami berada di Kamboja. Sebelum pulang, STAMANARA berkesempatan untuk mengunjungi Royal Palace Phnom Penh. Di sana kami mengelilingi dan mempelajari sejarah Kamboja. Tidak lama setelah itu, kami segera bersiap-siap untuk ke Bandara Internasional Phnom Penh.

Pada pukul 23.30, STAMANARA kembali menginjakkan kakinya di tanah air. Dengan ini, berakhirlah perjalanan STAMANARA ke Kamboja.

Tanpa peran serta dan bantuan dari banyak pihak, STAMANARA tidak dapat melakukan misi internasional ini dengan sukses. Kami, STAMANARA mengucapkan terima kasih bagi banyak pihak yang terlibat. Kiranya STAMANARA dapat kembali berkarya lebih baik lagi dan mampu membanggakan Indonesia di kancah Internasional. STAMANARA, Ahe!