UANG BISA JADI BERHALA?

Sumber Gambar : http://www.gbi-bethel.org/bethel/wp-content/uploads/2015/01/150120154925.jpg

Ayat bacaan: 1 Timotius 6:17
“Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati.”

Ada pepatah yang mengatakan “money can’t buy happiness”. Apakah anda termasuk yang setuju dengan kalimat ini atau tidak? Seorang teman saya tidak sependapat. Ia berkata orang yang mengatakan bahwa uang tidak bisa membeli kebahagiaan hanyalah orang miskin yang berdalih. Mungkin untuk saat-saat tertentu singkat uang memang bisa menjanjikan kebahagiaan, tapi itu hanya berlaku dalam waktu singkat. Pada akhirnya sekaya apapun kita akan sampai pada kesimpulan bahwa uang bukanlah segalanya. Kalau tidak hati-hati malah kekayaan bisa menimbulkan banyak masalah dalam hidup kita.

Mari kita lihat sosok Salomo, orang yang dikatakan terkaya yang pernah hidup di muka bumi ini. Begitu kayanya, bahkan dikatakan bahwa kekayaannya belum pernah dinikmati raja-raja sebelumnya, dan tidak akan pernah pula sanggup ditandingi oleh siapapun sampai kapanpun. (2 Tawarikh 1:12). Dengan kekayaan berlimpah seperti ini, jika benar uang mampu membeli segalanya, maka Salomo seharusnya menjadi orang paling bahagia yang pernah hidup di muka bumi ini. Tapi faktanya sama sekali tidak. Salomo justru banyak mengingatkan kita bahwa uang bukanlah hal terpenting dalam hidup kita. Dalam banyak ayat yang mencatat tulisan-tulisan hikmat Salomo kita bisa mendapatkan begitu banyak ayat yang menyinggung hal ini. Atau lihatlah kitab Pengkotbah yang menunjukkan begitu banyak kesia-siaan terhadap segala sesuatu, termasuk harta kekayaan. Tidakkah ironis ketika kitab ini justru datang dari orang terkaya yang pernah hidup di muka bumi ini?

Money can’t buy happiness, money is not everything.

 

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : 

http://www.renunganharianonline.com/2010/10/uang-bukan-segalanya.html