Musik Bagi Anak Bangsa Indonesia

Sebagai karya seni, musik pada hakikatnya tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Adalah hal yang sangat keliru bila keberadaan musik hendak dipisahkan dari bidang-bidang kehidupan manusia lainnya. Bahkan diyakini bahwa musik memiliki kekuatan yang dapat berpengaruh terhadap sendi-sendi kehidupan manusia. Musik juga nyatanya jadi faktor penting untuk perkembangan kognitif dan motorik anak. Bunyi-bunyian ini juga merupakan medium untuk menjalin hubungan antara orangtua dan anak. Oleh karena itu, orangtua perlu memperkenalkan musik sejak bayi. Selain itu, musik mampu membantu anak lebih berkonsentrasi dan mampu memusatkan perhatian. Musik bisa juga jadi cara mereka mengekspresikan diri. Musik dinilai mampu merangsang berbagai indera dan membantu anak-anak dalam belajar dan meningkatkan keterampilan bahasa. Musik juga mengembangkan keterampilan mendengarkan, membaca, dan menulis, meningkatkan kelancaran berbicara, dan komunikasi.

Terkait hal ini, penelitian Charlotte P. Mizener yang dipublikasi oleh Sage Journal menjelaskan bahwa kegiatan bermusik memperkuat banyak aspek perkembangan bahasa. Mengucapkan mantra dan berirama, bernyanyi, dan mendengarkan adalah semua pengalaman yang mendukung perkembangan bahasa. Dengan menyanyikan lagu, anak-anak dapat belajar kata-kata baru dengan cara yang menyenangkan dan tentu saja belajar cara mengucapkannya. Dengan mempelajari dan memainkan berbagai instrumen, anak-anak dapat menemukan bagaimana musik memainkan peran penting dalam budaya lain.

“Musik dan matematika sangat terkait. Dengan memahami ketukan, ritme, dan skala, anak-anak belajar cara membagi, membuat pecahan, dan mengenali pola. Tampaknya musik menggunakan otak anak untuk membantunya lebih memahami bidang matematika lainnya,“ kata Lynn Kleiner, pendiri Music Rhapsody di Redondo Beach, CA dilansir Asian Parent.

Menurut filsuf Plato asal Athena – Yunani (427 – 347 SM), bahwa musik mempunyai peran cukup kuat dalam kehidupan negara. Dalam bukunya yang sangat terkenal yakni Republik, filsuf yang banyak memberi sumbangan pemikiran di bidang filsafat, etika, estetika dan kenegaraan ini juga menyinggung tentang pentingnya peran musik dalam kehidupan. Termasuk didalamnya bahwa musik memiliki pengaruh cukup kuat di bidang politik. Musik bisa untuk kekuatan, kebaikan maupun kejahatan. Bahkan disebutkan kejayaan atau keruntuhan suatu negara dapat disebabkan musik.

Plato juga menekankan perlunya pendidikan musik bukan saja diajarkan sejak dini mulai usia anak-anak, juga diperkenalkan bagi calon penguasa atau para taruna sehingga mereka menjadi orang-orang yang tahu mencintai keindahan. Karena menurutnya, musik memiliki daya magis bagi warganegara yang dapat membangkitkan semangat juang dan mendorong keberanian, serta mengilhami perbuatan gagah berani dan kebaikan. Sifat hiburan dari musik merupakan pelengkap akal sehat yang berguna untuk menempatkan manusia di jalan benar.

Author: Prillian Dewi

Referensi :
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4009807/pentingnya-mengenalkan-anak-pada-musik-sejak-dini
https://www.tribunnews.com/tribunners/2010/11/22/pentingnya-musik-bagi-kehidupan
https://tirto.id/musik-dan-pengaruhnya-untuk-perkembangan-anak-dhXT
https://images.app.goo.gl/6ac9cvddjuVHgeC18