Basic Audio & Video Editing Class

Dalam masa pandemi ini kegatan – kegiatan PARAMABIRA semuanya dilakukan secara virtual termasuk tampil perform secara virtual, yang dimana untuk bisa menyatukan rekaman audio dan video masing-masing penyanyi dan menghasilkan video perform yang baik diperlukan keahlian dalam pengeditan audio dan video. Maka dari itu pada Rabu, 10 Maret 2021 PARAMABIRA telah menyelenggarakan pelatihan Basic audio and video editing class .Kelas ini diadakan secara virtual melalui platform Microsoft Teams.

Dalam pelaksanaannya, Basic editing class dibagi menjadi 2 kelas audio dan video. Kelas audio dibawakan oleh Davin Leonardo yang merupakan editor audio dalam konser Ring of Songs 2020 dan Christmas Concert 2020 PARAMABIRA. Peserta dikenalkan dengan cara menggunakan aplikasi pengeditan audio yaitu Adobe Audition, cara menyesuaikan tempo, dan teknik dalam menyatukan audio penyanyi. Dan untuk kelas video dibawakan oleh Nagata Amaranggana yang merupakan editor video dalam Christmas Concert 2020 PARAMABIRA. Peserta diajarkan cara menggunakan software Adobe Premiere dan melakukan teknik seperti penyesuaian warna, pengaturan pencahayaan, penyesuaian latar belakang video, dan lain-lain. Sebagai penutup, kegiatan ini ditutupi dengan sesi tanya jawab juga pemberian tips and trick guna memahami materi lebih dalam.

Dengan dilaksanakan pelatihan ini, anggota PARAMABIRA diharapkan untuk dapat tetap terus berkarya walaupun di tengah masa pandemic yang penuh dengan keterbatasan ini.