TRAINING CAMP PARAMABIRA 2020

Training Camp merupakan acara internal PARAMABIRA yang bertujuan untuk membangun kerjasama dan keakraban antar anggota PARAMABIRA. Kegiatan utama Training Camp adalah mengasah teknik vokal dan memperdalam teori musik yang dimiliki tiap anggota.
Awalnya, Training Camp akan diadakan selama tiga hari Minggu-Selasa, 15-17 Maret 2020 di Sentul, Bogor. Namun, sehubungan dengan merebaknya fenomena Covid-19, PARAMABIRA memutuskan untuk memindahkan kegiatan Training Camp ke Universitas Bina Nusantara – Kampus Syahdan dan Kijang selama dua hari pada Minggu dan Senin, 15-16 Maret 2020.


Training Camp hari pertama diadakan di Kampus Syahdan pada Minggu, 15 Maret 2020. Registrasi peserta dibuka dari pukul 07.00. Acara diawali dengan sambutan dari ketua PARAMABIRA 2020, Vincent Hartanto. Kemudian, para peserta dipisah per suara (sopran dan alto; tenor dan bass) untuk melakukan vocalizing dan review lagu yang dipimpin oleh para section leader masing-masing suara.


Selain itu, peserta juga menjalani ujian teori musik yang bertujuan untuk mengetahui penegetahuan tentang teori musik setiap peserta yang sebelumnya telah diajarkan dalam acara kelas teori musik.

Acara dilanjutkan dengan latihan concone oleh pelatih PARAMABIRA, Rainier Revireino. Setelah itu, para peserta kembali dipisah per suara untuk berlatih salah satu bagian dari concone yang telah mereka pilih dan akan ditampilkan bersama di depan pelatih. Training Camp hari pertama diakhiri dengan review lagu-lagu yang dipersiapkan untuk konser tahunan.


Pada Training Camp hari kedua yang diadakan di Kampus Kijang pada Senin, 16 Maret 2020, registrasi peserta dibuka dari pukul 08.00. Hari kedua diawali dengan latihan bersama salah satu lagu baru. Setelah itu, para peserta diberikan waktu untuk berlatih sendiri-sendiri untuk menyanyikan concone secara bergiliran di depan pelatih.


Pada hari kedua juga diadakan sesi sharing yang bertujuan untuk mempererat keakraban tiap anggota. Para peserta masing-masing menyiapkan selembar kertas yang telah dituliskan nama mereka yang nantinya akan diputar secara bergiliran untuk dituliskan kesan dan pesan antar anggota. Training Camp hari kedua kemudian diakhiri dengan review lagu yang telah dipelajari sebelumnya untuk persiapan konser tahun 2020.