Music Theory with Prajna Indrawati

PARAMABIRA telah mengadakan kelas internal mengenai teori musik. Kelas ini dibagi ke dalam 3 sesi. Sesi pertama diadakan pada Rabu, 16 Januari 2019, sedangkan sesi kedua dan ketiga diadakan pada Rabu, 30 Januari 2019. Semua sesi diadakan di Ruang Sekretariat Organisasi Kemahasiswaan, Kampus Syahdan, Universitas Bina Nusantara. Kelas yang dipimpin oleh Prajna Indrawati ini diadakan untuk meningkatkan musikalitas, terutama anggota baru PARAMABIRA dalam bermusik bersama.

Materi yang diajarkan oleh Prajna Indrawati dalam kelas teori musik meliputi:

  • Staves
  • Notes
  • Accidentals Values
  • Rests
  • Major and Minor Scales
  • Intervals
  • Tempo
  • Dynamics

    Prajna Indrawati sendiri adalah seorang alumni PARAMABIRA yang memperoleh gelar Master of Performing dalam bidang Piano Accompaniment di Royal College of Music di bawah bimbingan Roger Vignoles, Kathron Sturrock, dan Simon Lepper. Mengiringi penyanyi, Ia telah tampil di beberapa tempat di London, seperti Museum Victoria dan Albert, Royal Festival Hall-Southbank Centre dan dalam peluncuran buku “Brahms and His Poet” oleh Natasha Loges di Royal College of Music. Dia dianugerahi juara kedua untuk Accompanist Prize dalam English Song Competition “Brooks-van der Pump” dan Joan Chisell Schumann Competition dan Penghargaan Titanic Memoriam untuk accompanist= terbaik dalam Lies Askonas Competition 2018.

    Baru-baru ini, dia bergabung dengan 2018 Oxford Lieder Mastercourse Program dengan pengajar utama Wolfgang Holzmair dan pengajar tamu Véronique Gens, Roger Vignoles, Eugene Asti, Susan Manoff, dan Helen Abbott. Dengan rekan Vario Duo, Manu Brazo (Saxophone), Ia tampil secara LIVE di Radio BBC 3 “In Tune”, Museum Victoria dan Albert, St. James Picadilly, St. Martin in-the-fields, juga di Seville (Spanyol) dan Creete (Yunani).

    Dia telah berpartisipasi dalam masterclass dengan pianis terkenal Susan Manoff, Michael Dussek, Hans-Jürgen Schnoor, Adam Gyorgy, Patrick Zygmanowsky dan lain-lain. Dia meraih diploma dalam bidang performance dan Grade 8 Singing dari ABRSM. Dia telah mengiringi banyak penyanyi antara lain di “Tembang Puitik Ananda Sukarlan”, di konser Musicasa-Vortragsabendand dan beberapa festival paduan suara di Eropa dan Asia.

    Kelas Teori Musik ini terbilang Sukses. Hal ini dapat dibuktikan dengan besarnya minat para anggota PARAMABIRA untuk mengikuti kelas ini. Para pengurus PARAMABIRA pun berharap bahwa kelas ini dapat meningkatkan kualitas anggota PARAMABIRA sehingga berdampak positif bagi perkembangan PARAMABIRA di dunia paduan suara.

    Galeri Teori Musik: Music Theory

    Wilson Aurelius