[LIPUTAN] Ayo Berkumpul Para Kolektor! Inilah The Jakarta 19th Toys & Comics Fair 2024

The Loudest and The Biggest Toys & Comics Fair is back!”

Slogan ini sangatlah benar untuk menjelaskan suasana yang ada di Balai Kartini kemarin. Bagi Mina-san yang mungkin kelewatan berita nih, The Jakarta 19th Toys & Comics Fair 2024 baru saja selesai dilaksanakan. Berbagai macam komunitas, vendor, dan penggemar hobi maupun merchandise datang mengunjungi acara di dua hari ini. Kira-kira ada apa aja sih yang terjadi di The Jakarta 19th Toys & Comics Fair 2024? Mari simak lanjutannya di artikel berikut ini.

Sesuai dengan namanya, The Jakarta Toys & Comics Fair (Toys Fair) adalah pameran mainan dan komik berskala internasional yang dilakukan secara tahunan dengan SACCA Production sebagai promotornya. Jakarta Toys Fair diakui oleh industri mainan dunia, sehingga pengunjung dan peserta mancanegara bukanlah sesuatu yang baru. Pameran ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi para kolektor dan penggemar mainan, komik, serta merchandise Indonesia agar mereka bisa berkumpul, bertukar informasi, dan bertransaksi. Produsen dan distributor lokal maupun internasional juga bisa memperkenalkan produk mereka di tahap prototypelaunching, dan yang baru dikeluarkan. Untuk tahun ini, Jakarta Toys Fair kembali lagi bekerja sama dengan pihak Balai Kartini setelah tiga tahun tidak menyelenggarakannya disana selama dua hari dari tanggal 2-3 Maret 2024. Jakarta Toys Fair mendapatkan dukungan dari sponsor-sponsor seperti Multi ToysVictory ToysLEGO, serta menghadirkan salah satu icon di dunia desainer mainan untuk melakukan meet & greet yaitu QUICCS dari Filipina. Tak hanya itu, Jakarta Toys Fair juga mengundang tamu cosplayer spesial dari Singapura yaitu Rithe untuk melakukan meet & greet dan membuka booth.

Untuk hari pertama, acara diawali dengan pembukaan MCdan dilanjutkan Press Conference bersama ketua SACCA Production, kak Riza Satyagraha. Setelah itu, pengunjung bisa mengelilingi venue untuk melihat produk-produk yang disediakan penjual lokal maupun luar negeri. Dimulai dari mainan-mainan seperti LEGO, replika senjata kayu, sampai ke pernak-pernik koleksi, seperti GundamFunko Pop!, figurine anime, dan lainnya, semua disediakan oleh distributor-distributor besar seperti Multi dan Kidz Station, serta komunitas-komunitas kecil yang ada. Agar pengunjung tidak bosan, penyelenggara acara menyediakan berbagai kegiatan yang dilakukan di atas main stage. Beberapa kegiatan mencakup pertunjukan cosplay dengan berbagai tema, seperti game Valorant, komunitas penggemar Spiderverse, dan yang lain. Main stage juga digunakan untuk beberapa sesi meet & greet, misalnya dengan QUICCS dan Rithe. Untuk penutup acara, sebuah dance party bertemakan galaksi dilakukan oleh DJ Throoper.

Untuk hari kedua, MC mengawali pembukaan di pukul 10.00 dengan pembacaan rundown acara di stage. Setelah itu, kegiatan pertama yang dimulai adalah STAR WARS LIGHTSABER BATTLE dari komunitas Order 66 dan Lightsaber Knight. Pertunjukan yang disertakan cosplayberlangsung selama 45 menit dan mencakup giveaway bagi empat pengunjung yang beruntung. Selain itu, kegiatan menarik lainnya adalah Rare Toys Auction yang dilaksanakan oleh Zero Toys dan bidubadu.com. Tepat setelah itu, pengumuman dan pelaksanaan coswalk competitionlangsung dilakukan. Coswalk competition akan dinilai oleh tiga juri dari Jakarta Toys Fair yaitu Rithe, Ice Tea, dan Mizuki, tentunya ketiga cosplayerini berbakat dan populer di bidang mereka. Sama seperti hari pertama, sebuah danceparty dilaksanakan sebagai penutup acara. Dance party yang kali ini bertemakan anime dan dipimpin oleh DJ H.L.D.N.

Bagaimana jadi mina-san? Pastinya kalian semakin tertarik dengan Jakarta Toys Fair kan. Nah, kalau kalian tidak berkesempatan untuk datang kemarin, jangan khawatir! SACCA Productions masih ingin mengadakan Jakarta Toys Fair untuk tahun berikutnya, jadi bersabar saja dan jangan kelewatan nanti ya! Sampai berjumpa di Jakarta Toys Fair selanjutnya!

Penulis: Mizuki

Editor: Portu

Sumber:

Jakarta Toys Fair