Sambutlah Impactnation Japan Festival 2023 Day 1

Indonesia terkenal sebagai salah satu negara di Asia yang mempunyai beragam budaya. Tak hanya itu, Indonesia juga tidak menutupi dirinya dengan budaya dari negara lain, salah satunya Jepang. Banyak budaya Jepang yang masuk ke dalam Indonesia dalam berbagai bentuk, contohnya pada aspek hiburan seperti anime, manga, pop idol culture, dan lainnya. Budaya-budaya ini diterima oleh masyarakat dan mendorong terciptanya sebuah wadah untuk menampungnya dalam bentuk festival dan event. Salah satu contoh dari event ini adalah Impactnation.

Impactnation adalah sebuah event yang berbasis budaya Jepang diselenggarakan oleh Barcode Event Organizer. Impactnation membawakan budaya-budaya tradisional Jepang seperti kabaret samurai, taiko, dan yosakoi, maupun yang modern, seperti pop idolanime, manga, games, dan masih banyak lagi. Sama seperti tahun kemarin, Impactnation kembali hadir tahun ini pada tanggal 29-30 Juli 2023 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta untuk memberikan pengalaman berharga bagi komunitas penggemar budaya Jepang. Kira-kira ada apa aja sih di Impactnation tahun ini? Ayo langsung kita bahas di bawah ini.

Impactnation menggunakan konsep matsuri atau festival sebagai layout-nya, dimana pengunjung dapat menikmati beragam budaya Jepang yang disediakan dalam bentuk booth setelah mereka membeli tiket masuk. Berdasarkan venue-nya, Impactnation membagi Istora menjadi tiga area utama sesuai dengan nama kota di Jepang, yaitu Tokyo, Kyoto, dan Nagoya. Kyoto dan Nagoya dijadikan area festival bagi pengunjung. Kedua area ini mempunyai stage mereka masing-masing dimana berbagai rangkaian acara diadakan, seperti coswalk competition, gameshow, fashion show, dan lainnya. Selain itu, booth-booth yang menyediakan merchandise dan makanan juga tersebar di setiap area tersebut.

Area Nagoya terbagi menjadi area semi indoor dan area outdoor. Sejumlah booth dan stage terletak di bagian outdoor dan sisanya terdapat di area semi indoorBooth outdoor menyediakan makanan ringan serta minuman untuk pengunjung yang hadir. Booth-booth semi indoor dipenuhi oleh booth komunitas, booth cosplayer, dan booth untuk menyewa costume. Organisasi Nippon Club telah bekerjasama dengan Impactnation untuk menggelar booth komunitas di booth 11 dan booth rental cosplay di booth C4. Booth komunitas Nippon Club berisikan merchandise asli dari Nippon Club dan fandom dari seri terkenal, seperti game Arknights, Genshin Impact, dan lainnya. Booth rental cosplay terletak menyediakan berbagai jenis cosplay dari yang sederhana, seperti yukata, sampai ke yang sulit, seperti cosplay Bennet dari Genshin Impact.

Tak hanya itu, Nippon Club juga mendapat kesempatan untuk mengadakan rangkaian acara Natsu no Koe berupa Anisong Competition atau lomba menyanyikan lagu opening, ending, dan Official Soundtrack anime di atas stage Nagoya. Lomba ini adalah kegiatan pertama yang diadakan di atas stage pada pukul 12.00 dan diikuti oleh kira-kira 34 peserta. Kami juga berkesempatan untuk mewawancarai salah satu peserta yang membawakan performance yang kami nikmati dengan panggilan “Meer”. Ia menyanyikan lagu “Idol (アイドル)” – Yoasobi dengan alasan karena ia terinspirasi dari culture idol sejak kecil dan dengan keluarnya anime Oshi No Ko, menurutnya ini waktu yang tepat untuk mencoba. Ia mendapatkan informasi tentang lomba ini lewat media sosial dari Impactnation sendiri dan memilih untuk mengikutinya karena event Impactnation yang cukup besar ini cocok untuk dirinya tampil sebagai seorang pemula dalam bernyanyi.

Interview dengar Meer

Dari 34 peserta yang mendaftar, terdapat tiga pemenang yang dipilih oleh juri pada lomba ini, dimana posisi ketiga ditempati oleh peserta Aseng Pasaribu dengan lagu “Every Heart” – Boa. Posisi kedua dimenangkan oleh peserta grup berisikan dua orang yaitu Chiro & Chris dengan lagu “Inochi no Namae (いのちの名前)” – Joe Hisaishi. Posisi pertama di lomba ini dimenangkan oleh peserta grup dua orang dengan sebutan nama Komorebi dengan lagu “Uchiage Hanabi (打上花火)” – Daoko x Kenshi Yonezu.

Area Nagoya menyambung dengan area indoor yang ukurannya lebih kecil dengan sebutan Sapporo Area. Disini terdapat booth-booth yang menjual fanart dan merchandise kreasi para artis dari Indonesia. Fanart dan merchandise yang ada mengambil inspirasi dari berbagai fandom, serial, dan game Jepang yang terkenal. Jika merasa bosan dan lapar, para pengunjung dapat mengunjungi lantai dua melalui tiga buah tangga yang tersedia. Lantai dua ini mempunyai booth-booth game sponsor seperti Goddess of Victory: Nikke dan Dragon Nest 2, serta booth makanan berciri khas Jepang, misalnya kari jepang, onigiri, udon, dan lainnya.

Area Sapporo juga terhubung dengan area Kyoto yang hanya memiliki area outdoor saja. Selain juga mempunyai stage, area Kyoto menyediakan boothbooth yang bervariasi dari merchandise anime sampai menjual makanan dan minuman tradisional Indonesia dan khas Jepang. Stage di Kyoto digunakan untuk Opening Speech acara Impactnation yang kemudian diikuti oleh berbagai performance budaya Jepang tradisional, seperti Taiko Umaku Eisa dan Omikoshi, serta budaya modern, seperti performance idol group.

Performance dari Idol Group “Ministry of Idol”

Area utama yang terakhir akan dibahas adalah Area Tokyo yang digunakan Impactnation untuk meet and greet dan konser dari artis-artis musik Jepang. Impactnation menyediakan jenis tiket konser agar pengunjung dapat membeli dan memasuki area Tokyo. Acara meet and greet dimulai pada pukul 12.00 siang. Setelah meet and greet, waktu open gate untuk konser dimulai pada pukul 15.00 dan dimulai pada pukul 16.00 dengan performance pertama oleh yama, seorang artis musik Jepang dengan genre J-pop. Setelah itu, grup idol Cho Tokimeki Sendenbu membawakan performance mereka dari pukul 17.30 sampai 19.00. Beberapa dari kalian mungkin tahu Cho Tokimeki Sendenbu atau kerap disebut Tokisen karena lagu mereka “Suki! Cho Ver (すきっ!~超ver)” yang populer belakangan ini. Konser malam itu ditutup oleh performance dari band Kana-Boonyang lagunya dijadikan opening anime Naruto.

Itulah pengalaman dan rangkaian acara yang seru pada hari pertama Impactnation Japan Festival 2023. Impactnation tahun ini tidak kalah seru dengan tahun lalu dan pihak acara tentunya berhasil membawakan event tahun ini menjadi lebih meriah dan lebih seru. Jika kalian semua menikmati hari pertama Impactnation, jangan sampai ketinggalan untuk liputan hari kedua dari Impactnation. Sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya!

Writer: Mizuki

Editor: Tio

Sumber:

https://www.instagram.com/impactnation.japanfest/