PENCAK SILAT WARISAN INDONESIA UNTUK DUNIA

Pencak Silat ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda kedalam UNESCO Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity di Bogota, Kolombia, pada Kamis, 12 Desember 2019. Penetapan Pencak Silat sebagai Warisan Budaya Takbenda merupakan bentuk pengakuan dunia Internasional terhadap arti penting tradisi seni bela diri yang dimilki nenek moyang bangsa Indonesia yang diturunkan dari generasi ke generasi hingga saat ini.

Prof. Surya Rosa Putra menyampaikan bahwa tradisi pencak silat bukan hanya sekedar bela diri, namun juga menjadi bagian dari jalan hidup bagi para pelakunya.

“Pencak Silat mengajarkan kita untuk dapat menjalin hubungan yang baik dengan Tuhan, sesama manusia dan lingkungan. Meskipun pencak silat mengajarkan teknik menyerang, namun yang terpenting adalah pencak silat juga mengajarkan kita untuk dapat menahan diri dan menjaga keharmonisan.”

Indonesia berkomitmen untuk senantiasa menjaga kelestarian pencak silat, diantaranya melalui pendidikan pencak silat yang tidak hanya fokus pada aspek olah raga/bela diri, namun sebagai bagian dari kurikulum seni dan budaya. Promosi pencak silat ke berbagai negara juga akan terus digalakkan. Saat ini terdapat komunitas, perguruan dan festival pencak silat di 52 negara di dunia.

Sumber: kemlu.go.id