Kegiatan Rekoleksi KMK BINUS 2023 – Faith Venture ; Meet Because of Bond, Know Because of Love

Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Universitas BINUS Malang – Rekoleksi dalam Agama Katolik merupakan kegiatan yang biasanya di lakukan menjelang Natal. Rekoleksi sendiri berasal dari kata dalam bahasa Inggris yaitu “Recollect” yang memiliki arti mengingat kembali atau mengumpulkan kembali, dimana kegiatan rekoleksi menjadi sarana untuk melihat kembali pengalaman-pengalaman akan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, Rekoleksi juga merupakan salah satu upaya untuk melatih hidup rohani serta menumbuhkan rasa ingin berubah ke arah yang baik lebih lagi.

Kali ini KMK Universitas BINUS Malang mendapatkan kesempatan untuk mengadakan Kegiatan Rekoleksi. Dengan mengusung tema“Faith Venture; Meet Because of Bond, Know Because Love”. Rekoleksi ini diisi oleh Frater Anang sebagai pembicara yang sangat banyak memberikan kami pengetahuan serta insight-insight yang baru dan sangat baik kepada semua makhluk di dunia. Sesuai dengan tema Rekoleksi kali ini juga, manusia sebagai pribadi juga sangat disadarkan akan cinta kasih-Nya. Kasih yang kerap kali dilupakan untuk diterapkan oleh anak muda, terlebih dalam lingkungan pertemanan, keluarga, hingga masyarakat. Kegiatan Rekoleksi ini tidak hanya dihadiri oleh para anggota KMK Universitas BINUS Malang saja, tetapi juga mengundang beberapa delegasi KMK dari universitas lain. Kegiatan ini dibuat dengan tujuan agar sebagai anak muda jaman sekarang bisa lebih saling mengenal, saling mendekatkan diri, saling memperkuat persaudaraan antara Keluarga Mahasiswa Katolik.

Kegiatan Rekoleksi ini berlangsung pada Minggu, 10 Desember 2023. Kegiatan ini tepatnya diadakan di Aula Gereja ST Albertus De Trapani. Keseluruhan acara Rekoleksi ini berlangsung sekitar tiga jam, mulai pukul 10.00 WIB hingga 13.00 WIB. Pada kegiatan Rekoleksi ini diawali dengan pembukaan acara oleh MC serta doa pembuka sebagai tanda dimulainya kegiatan Rekoleksi. Selanjutnya acara ini diisi dengan sambutan dari Ketua Acara Rekoleksi serta Ice Breaking oleh panitia acara guna membangunkan semangat para audience sebelum mendapatkan materi dari pembicara. Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Frater Anang sebagai Pembicara serta tanya jawab antara pembicara dan audience. Tidak hanya itu, kegiatan Rekoleksi ini juga diisi dengan berbagai games dan diakhiri dengan pembagian makan siang serta kegiatan makan bersama. Segala rangkaian kegiatan Rekoleksi ini berjalan dengan cukup baik dan memiliki maksud agar KMK BINUS Malang dan KMK dari Universitas lain bisa saling kenal dan dekat serta memperkuat tali persaudaraan sebagai sesama umat beragama.

 

Penulis : Jovanna Agatha S