RENUNGAN | Minggu Adven II

Yes. 40:1-5,9-11; Mzm. 85:9ab-10,11-12,13-14; 2Ptr. 3:8-14; Mrk. 1:1-8.

Siapkanlah Jalan bagi Tuhan

Bacaan Injil Markus lebih memfokuskan Yohanes Pembaptis sebagai tokoh yang mempersiapkan jalan bagi Tuhan pada sekarang dan nanti. Yohanes Pembaptis diutus Tuhan untuk mendahului dan mempersiapkan jalan. Kedatangan yang dinantikan adalah Yesus Kristus sebagai sang Mesias. Yohanes Pembaptis berhasil membuat orang Yudea dan sekitarnya bertobat dan bersedia untuk dibaptis. Dia membaptis dengan air namun Tuhan yang membaptis dengan Roh Kudus. Yohanes Pembaptis yang mengingatkan kita, agar kita meluruskan jalan-jalan hidup kita, agar kita kembali sadar akan martabat kita sebagai anak Allah dan akan kewajiban kita sebagai orang Kristen dan menunjuk jalan bagaimana menemukan Kristus.

Bacaan Yesaya mengingatkan kita untuk selalu menyiapkan kedatangan Tuhan dengan niat yang kuat serta hati yang tulus seperti ayat 3-4 yang berbunyi “Persiapkanlah di padang gurun jalan bagi Tuhan, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita! Setiap lembah harus ditutup dan setiap gunung dan bukit diratakan”. Nabi Yesaya menyampaikan firman Allah untuk menghibur umat Israel tentang kabar baik datangnya Allah yang akan membebaskan mereka dari segala penderitaan dan hukuman. Allah datang untuk menghibur mereka dari kesedihan dan memberi berkat kepada umat Israel. Umat Israel merasa senang karena Allah datang dan mereka berseru dengan suara nyaring bagi Allah.

Sang pemazmur mengatakan bahwa keselamatan dari Allah akan dekat pada orang yang takut dan tunduk kepada Allah. Keadilan dan kedamaian akan dirasakan oleh semua makhluk di bumi. Allah akan memberikan kebaikan kepada siapapun dan manusia yang akan mendapatkan hasilnya. Bacaan Petrus mengingatkan kita untuk menjaga diri sampai Allah datang dengan tampilan kita yang tidak bercacat dan tidak bernoda. Kita tidak tahu kapan Allah akan datang, maka sebagai umat Allah, kita harus sabar sambil menyucikan diri dalam menantikan Tuhan. Jadi ketika Allah datang, kita sudah siap dan memberikan persembahan yang layak kepada Allah.

Pada Minggu Adven ke-2 ini, bacaan Kitab Suci mengulangi seruan Nabi Yesaya dan Yohanes Pembaptis, yaitu mempersiapkan Jalan bagi Tuhan. Selama masa Adven ini kita bertobat dan menyucikan diri agar layak menyambut Yesus Kristus sebagai Juru Selamat pada hari raya Natal nanti. Banyak tantangan yang menghambat kita dalam menyambut Allah, namun hal itu menjadi ujian bagi kita agar tetap setia kepada Allah. Marilah kita dengan segenap hati, dengan kesetiaan penuh, dan cinta mempersiapkan jalan bagi Tuhan agar saat merayakan Natal nanti, kita pantas untuk merayakan dan menyambut Tuhan. Semoga Tuhan memberkati.

Penulis: Steven
Peninjau: Tim Liturgi dan Sekretaris KMK

Referensi gambar:
https://keuskupanpadang.org/wp-content/uploads/2015/12/adven-2-300×187.jpg