Pohon Natal Nusantara

 

Pohon Natal Karya Universitas Petra Surabaya

Desember menjadi bulan yang penuh makna bagi umat Kristiani karena pada tanggal 25 kita merayakan hari raya Natal. Hari Natal bagi umat Kristiani adalah perayaan untuk menyambut kelahiran Yesus Kristus sebagai Juru Selamat umat manusia. Setiap perayaan Natal pasti identik dengan membuat dan menghias pohon Natal sebagai pohon utama. Namun, ada beberapa pohon Natal unik yang menghiasi perayaan Natal pada tahun 2021 ini di seluruh Nusantara. Pohon Natal unik seperti apa ya? Apa yang membuat pohon Natal tersebut unik? Pada artikel ini kami akan mengulas mengenai keunikan dari beberapa pohon Natal di Nusantara.

Pohon Natal yang pertama berada di Gereja Katedral Jakarta. Pohon Natal tersebut memiliki tinggi 6 meter dan menggunakan hiasan beberapa motif kain batik yang membentang secara vertikal. Susyana Suwandie, perwakilan bidang humas Gereja Katedral Jakarta mengatakan hiasan batik berbagai motif melambangkan kekayaan batik yang dimiliki Indonesia.

Pohon Natal Karya Gereja Kristus Raja Surabaya

Lalu, yang kedua adalah Gereja Kristus Raja Surabaya yang menghias pohon Natal dengan barang-barang kesenian Nusantara seperti alat musik, pakaian adat, dan barang kesenian tradisional lainnya. Ketua Panitia Natal Gereja Kristus Raja, Rosarita Puspa, mengatakan pohon Natal sengaja dibuat bertajuk persatuan persaudaraan umat Kristiani di Nusantara. Rosarita Puspa juga berharap pohon Natal ini mampu mendorong umat Kristiani untuk mau membangun Indonesia dengan semangat Bhineka Tunggal Ika.

Selanjutnya, pohon Natal unik ketiga terletak pada Universitas Petra Surabaya yang memberikan hiasan serba kerajinan bambu. Universitas Petra membangun pohon Natal setinggi 7 meter dengan hiasan sejumlah 544 perkakas bambu selama 5 hari. Kepala Perpustakaan Universitas Petra, Dian Wulandari, mengatakan hiasan bambu dipilih dengan harapan umat Kristiani mampu belajar dari pohon bambu yang meskipun memiliki akar kuat, namun hidupnya tetap berkelompok dan berdampingan satu sama lain.

Demikian beberapa pohon Natal unik di seluruh Nusantara, sangat unik bukan? Walaupun tidak menggunakan hiasan Natal pada umumnya, pohon-pohon Natal di atas tidak menghilangkan unsur nilai estetika dan keindahan dari pohon Natal itu sendiri. Hal yang terpenting adalah pohon-pohon Natal tersebut mengandung makna persatuan dan keberagaman masyarakat Indonesia.

 

Penulis : Divisi Acara Alam Sutera & Kemanggisan

Peninjau : Sekretaris Umum KMK