Cara Menerapkan Prinsip Gaya Hidup Minimalis

Hallo sahabat seDhamma! Apakah kalian sudah tahu tentang Tren Hidup Minimalis (Gaya Hidup Minimalis) ? Gaya Hidup Minimalis itu adalah gaya hidup sederhana yang dapat menenangkan seseorang dan membuat diri mereka lebih bahagia. Dengan adanya konsep hidup yang sederhana ini mampu membuat kita melakukan beberapa hal yang berguna dan membuat hidupnya lebih menyenangkan. Maka arti dari minimalis itu adalah gaya hidup yang berfokus untuk menimalkan gangguan yang bisa menghalangi kamu melakukan hal-hal yang sebenarnya penting (memiliki hal-hal yang membuat kamu bahagia, dan menghilangkan hal-hal yang tidak). Dalam minimalis bisa diterapkan dalam berbagai aspek hidup, seperti interior rumah, mode , teknologi, dan bahkan dalam memilih barang yang dibutuhkan. 

Cara Menerapkan Prinsip Gaya Hidup Minimalis 

  1. Singkirkan hal yang menghambat hidupmu 
    Kunci kehidupan orang yang efektif adalah menyingkirkan segala sesuatu yang menghalangi kehidupan atau tidak membangkitkan kegembiraan di dalam diri.
    Menghalangi hidup ini adalah sesuatu yang membuat hidup kita tidak nyaman, sesuatu yang menguras tenaga, kehilangan motivasi, sesuatu yang selalu membuat kita merasa bersalah dan menyesal. Kita harus meninggalkan hal-hal seperti itu dalam hidup kita karena penumpukan semua ini hanya akan mengurangi kebahagiaan dalam hidup kita.
  2. Singkirkan barang yang tidak diperlukan
    Kita harus mulai memilah-milah barang, Mana yang masih dipakai, mana yang jarang dipakai, mana yang sudah tidak dipakai lagi. Barang-barang yang masih bisa digunakan seringkali bisa disimpan. Barang yang rusak dibuang, tetapi barang yang masih dapat digunakan tetapi tidak dibutuhkan dapat dijual atau dihibahkan. Hal utama adalah kami memilih siapa yang akan disimpan dan siapa yang akan dihapus.
    Kita dapat menggunakan aturan 90/90 untuk menghilangkan kotoran. Sudahkah saya menggunakan produk ini dalam 90 hari terakhir? Atau apakah saya menggunakan ini selama 90 hari ke depan? Jika jawabannya tidak, Kita benar-benar tidak membutuhkan produk tersebut.
  3. Belanja sesuai kebutuhan
    Orang berbelanja untuk kesenangan semata atau karena takut ketinggalan tren terbaru. Untuk melakukan ini, Kalian harus mencoba memisahkan kebutuhan dan keinginan. Ketika Kalian membeli barang, Kalian perlu memastikan bahwa barang-barang tersebut diperlukan dalam kehidupan sehari-hari Kalian sehingga Kalian dapat fokus menggunakan uang tersebut untuk tujuan yang bermanfaat.
    Kita masih bisa membeli semua barang dan jasa yang kita butuhkan dan memastikan bahwa apa yang kita beli tidak sia-sia. Terkadang kita melihat barang dengan kemasan atau desain yang bagus dan tertarik untuk membelinya. Faktanya, kita mungkin tidak terlalu membutuhkannya, kita tidak tahu fungsinya, dan kita tidak tahu apakah kita menggunakannya atau tidak. Kalian dapat membeli barang-barang bagus tetapi masih mengkhawatirkan fungsinya, bukan?
  4. Fokus pada Hobi dan Kegiatan
    Kalian bisa menghabiskan waktu dengan melakukan hal-hal yang kalian sukai, seperti berlibur ke tempat-tempat menarik, atau menikmati hobi yang memberikan pengalaman baru. Ini akan membantu kalian membangun pola pikir minimalis baru, di mana kalian berhenti menghabiskan begitu banyak uang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting, seperti barang mewah. Dengan cara ini, kalian bisa fokus untuk mencapai tujuan hidup dan menjalani kehidupan yang bahagia.
  5. Bijak dalam berbelanja
    Untuk menggunakan barang dalam waktu lama, kita perlu membeli produk yang berkualitas baik. Sehingga kita tidak perlu melakukan pembelian berulang kali karena kualitas yang kita beli kurang dan lebih cepat rusak.
  6. Merapikan rumah secara rutin
    Agar rumah kalian tetap bersih, rapi dan terawat, kalian harus merapikan rumah kalian secara teratur. Ini juga membantu kita memastikan bahwa hal-hal yang tidak perlu tidak menumpuk. Jika ada, kita bisa segera menguranginya. Bisa juga dengan menata ulang rumah kalian setiap hari agar barang-barang yang ada di dalam ruangan tetap bersih dan terawat.

 

Manfaat dari gaya hidup minimalis banyak sekali yaitu :

  1. Membantu kita mengurangi stress dan fokus pada hal-hal yang penting.
  2. Lebih sehat dalam finansial.
  3. Baik untuk lingkungan (ikut membantu untuk menjaga lingkungan).
  4. Berkesempatan untuk berbagi pada sesama.
  5. Membantu kita untuk menjadi lebih produktif.
  6. Menemukan kebahagiaan dan kedamaian dalam hidup.

 

Sumber :