5 Wabah Penyakit yang Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

Ditulis oleh: Wannie Tania

Halo teman-teman se-Dhamma! Sedari dulu, penyakit menular telah menjadi pendamping tetap saat manusia semakin menyebar ke seluruh dunia. Dengan jumlah manusia yang kian bertambah dan menyebar, penyakit menular atau wabah penyakit tersebut juga memakan semakin banyak korban. Salah satunya seperti yang sedang melanda kita, yaitu Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Namun, selain Covid-19, terdapat juga wabah penyakit lainnya yang pernah melanda umat manusia. Berikut merupakan beberapa wabah penyakit paling mematikan sepanjang sejarah!

  1. Flu Babi (2009-2010)
    Wabah yang pertama yang akan kita bahas adalah Flu Babi. Sebelum terjadinya Covid-19, Flu Babi adalah pandemi terbaru di dunia yang menginfeksi sebanyak 21 persen dari jumlah populasi di dunia. Flu Babi adalah campuran dari beberapa jenis flu berbeda yang tidak pernah terlihat bersama-sama. Kebanyakan dari mereka yang terinfeksi Flu Babi adalah anak-anak dan orang dewasa muda. Flu Babi telah memakan korban sebanyak 200.000 jiwa.
  2. Flu Hong Kong (1968-1970)
    Wabah penyakit selanjutnya ialah Flu Hong Kong, yang disebabkan oleh strain H3N2 dari virus influenza A. Penularan dari Flu Hong Kong diketahui terjadi melalui udara dari batuk, bersin, dan pernapasan. Para peneliti percaya bahwa jenis flu ini berasal dari burung dan membuat lompatan ke manusia, baik secara langsung maupun dengan babi atau mungkin hewan lain yang berfungsi sebagai perantara. Flu Hong Kong telah memakan korban sebanyak 1 juta jiwa.
  3. HIV/AIDS (1981-sekarang)
    Pandemi HIV/AIDS disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV), dan ditularkan melalui kontak dengan darah, air mani, atau air susu ibu dari orang yang terinfeksi. Tingkat kematian akibat penyakit ini juga terus bertambah dari waktu ke waktu. Hingga saat ini, HIV/AIDS telah memakan korban sebanyak 25 juta sampai 35 juta jiwa. Meskipun telah dilakukan penelitian secara ekstensif, namun sampai saat ini, para ahli medis masih belum menemukan vaksin untuk penyakit ini.
  4. Flu Spanyol (1918-1919)
    Flu Spanyol diketahui disebabkan oleh virus influenza A H1N1, dan penularannya terjadi melalui udara dari batuk, bersin, serta pernapasan. Para peneliti percaya bahwa virus Flu Spanyol berasal dari burung, dan melompat ke manusia secara langsung atau menggunakan babi sebagai perantara sebelum melompat ke manusia. Flu Spanyol telah memakan korban sebanyak 40 juta sampai 50 juta jiwa.
  5. The Black Death Plague (1347-1351)
    Wabah penyakit mematikan sepanjang sejarah yang akan kita bahas yang terakhir adalah Black Death Plague atau wabah kematian hitam. Penyebab dari wabah ini adalah Bakteri Yersinia pestis/tikus yang disebarkan oleh kutu yang terinfeksi dan mungkin kutu tubuh. Kutu akan menggigit tikus yang terinfeksi oleh bakteri wabah, dan kemudian menginfeksi orang sehat saat mereka sudah membawa bakteri dari tubuh tikus yang terinfeksi. Jumlah korban jiwa dalam wabah penyakit ini adalah sebanyak 200 juta jiwa.

Sekian penjelasan mengenai wabah penyakit paling mematikan sepanjang sejarah. Teman-teman jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan, ya!

Apakah kamu merasa tertarik dengan artikel informatif seperti ini? Jangan lupa ya untuk mengecek artikel kami yang lainnya di website KMBD.

 

Referensi:

Wannie Tania