Mari Berperspektif Global!

Ditulis oleh: Lavia Thamrin

Halo teman-teman se-Dhamma! Pernah ngga, sih, kalian mendengar istilah perspektif global? Dalam artikel ini, yuk kita mengenal pengertian dan manfaat perspektif global, serta cara untuk berperspektif global sebagai generasi muda.

Perspektif global adalah suatu cara pandang dan cara berpikir terhadap suatu masalah dan kejadian dengan menggunakan sudut pandang global yang mementingkan kepentingan dunia atau internasional. Perspektif global ini sendiri menyangkut banyak area, seperti lingkungan, hak asasi manusia, keadilan, pendidikan, dan sebagainya.

Sebagai generasi muda, penting bagi kita untuk memiliki perspektif global. Kemajuan teknologi dalam beberapa dekade ini, terutama teknologi informasi, seakan-akan telah merobohkan dinding antar negara. Sekarang, kita dapat menerima informasi, berita, serta isu-isu dari negara lain dengan sangat cepat. Indonesia tidak dapat berkembang dengan menutup diri dari negara-negara lain. Sama halnya seperti di sekolah—kita tentu membutuhkan teman dan guru untuk dapat berkembang. Agar tidak ketinggalan zaman, masyarakat Indonesia tidak dapat mengisolasi diri dari pengaruh global.

Karena itulah, penting bagi masyarakat Indonesia, terutama generasi muda, untuk tetap eksis dan aware terhadap isu-isu global. Seseorang dengan perspektif global sadar bahwa hidup selalu terkait dengan isu-isu global, dan akan bersikap dan berbuat untuk kepentingan global. Perspektif global dapat menambah wawasan kita terhadap masalah-masalah internasional. Selain itu, dengan berperspektif global, kita dapat menghindari diri dari intoleransi dan cara berpikir sempit, yang kerap kali membeda-bedakan manusia dengan batasan-batasan subyektif dan lokal seperti perbedaan warna kulit, suku, agama, ras, dan lain-lain. Secara lebih mendetail, manfaat-manfaat dari mempelajari perspektif global adalah:

  1. Meningkatkan wawasan dan kesadaran bahwa kita adalah bagian dari satu dunia dan hidup saling bergantungan. Karena itu, ketika bertindak haruslah mencerminkan nilai-nilai Pancasila sebagai warga negara Indonesia (think globally and act locally)
  2. Meningkatkan pengetahuan mengenai isu-isu global dalam berbagai aspek
  3. Melatih untuk berpikir integral
  4. Melatih kepekaan dan kepedulian terhadap perkembangan dunia

Lantas, bagaimana cara kita untuk berperspektif global? Sebagai seorang generasi muda, kita dapat mulai peduli terhadap kejadian dan kegiatan yang ada pada masyarakat, baik itu dalam skala lokal, nasional, maupun global. Selain itu, kita juga dapat bersifat terbuka terhadap pembaharuan.

 

Referensi:

Lavia Tamrin