Bumi Kita Tanggung Jawab Kita Bersama!

Written by. Wannie Tania

Halo teman-teman se-Dhamma! Kalian tahu tidak sih, kalau bumi kita sudah berusia 4,543 miliar tahun, lho! Menakjubkan bukan? Akan tetapi, di sisi lain, kita juga harus mulai lebih memperhatikan kondisi bumi kita, nih. Oleh karena itu, berikut merupakan cara-cara sederhana yang wajib kalian ketahui untuk menjaga kelestarian bumi.

  1. Jangan membuang sampah sembarangan
    Untuk yang satu ini pasti kalian sudah sangat sering mendengarnya sedari dulu. Akan tetapi, hal tersebut bukan hanya sekadar ucapan belaka. Sampah yang dibuang sembarangan akan tercecer dan terbawa ke lautan sehingga kemudian akan membahayakan makhluk hidup di sana. Mereka akan mengira itu makanan dan mengonsumsinya, atau bahkan dapat terjerat terutama oleh sampah plastik.
  2. Melakukan daur ulang
    Jika kalian memiliki beberapa jenis sampah seperti kardus dan botol minuman, kalian dapat mendaur ulang barang tersebut alih-alih membuangnya. Kalian dapat mengirim sampah yang ingin kalian daur ulang kepada organisasi yang bergerak di bidang daur ulang. Selain itu, kalian juga dapat berkreasi sendiri dengan cara mengubah sampah tersebut menjadi hiasan atau barang lain yang dibutuhkan di rumah.
  3. Membeli barang preloved
    Terdapat beberapa barang lama yang masih dapat kita gunakan kembali dengan fungsi yang masih sama. Biasanya barang tersebut tidak digunakan lagi karena terbatasi oleh waktu. Misalnya seperti baju masa kecil yang sudah tidak dapat digunakan lagi ketika remaja, baju remaja yang sudah tidak dapat digunakan lagi ketika beranjak dewasa, dan seterusnya. Barang-barang tersebut dapat kita jual kepada orang yang lebih membutuhkan, ataupun kita juga dapat membeli barang preloved dari orang lain. Hal tersebut tentu saja dapat mengurangi jumlah dan kegiatan produksi, serta menghemat uang kita.
  4. Membawa botol minuman sendiri
    Salah satu cara dalam melestarikan bumi kita yaitu dengan membawa botol minum sendiri saat berpergian. Hal tersebut dapat mengurangi penggunaan sampah plastik yang biasanya terpakai saat kita membeli minuman di luar. Dengan membawa botol minuman yang dapat digunakan berkali-kali, kita sudah berperan dalam mengurangi sampah plastik di bumi ini.
  5. Menanam pohon
    Cara yang terakhir, tetapi tidak kalah penting yaitu menanam pohon. Pohon bermanfaat untuk menyediakan oksigen bagi makhluk hidup, serta dapat membantu menyimpan energi, menyerap air, dan membantu melawan perubahan iklim. Hal tersebut tentunya akan sangat bermanfaat pada bumi kita, salah satunya yaitu mencegah terjadinya banjir.

Bagaimana teman-teman? Kalian sudah tau cara-cara untuk melestarikan bumi kita, bukan? Jangan lupa juga untuk mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, ya! Karena sekali lagi, bumi kita ialah tanggung jawab kita bersama.

Apakah kamu merasa tertarik dengan artikel informatif seperti ini? Jangan lupa ya untuk mengecek artikel lainnya di website KMBD.

Referensi:

Wannie Tania