Karuna

Karuna merupakan salah satu dari empat Brahmavihara atau sifat-sifat luhur yang mengajarkan kita untuk bersimpati dengan pengalaman mereka dan membantu mengurangi penderitaan mereka. Dalam bahasa Sanskerta, Karuna memiliki arti “belas kasihan” dan “emosi penderitaan”. Karuna berperan untuk mengembangkan belas kasih terhadap makhluk hidup.

Cara menerapkan karuna dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

  • Tidak menghakimi orang lain baik tindakan maupun perasaannya, karena dapat memperburuk suasana. Sebaiknya, kita menempatkan diri di posisi orang lain agar lebih mengetahui alasan mereka melakukan tindakan atau merasakan perasaan tersebut.
  • Menawarkan bantuan kepada yang membutuhkan agar membentuk sifat murah hati. Misalnya, mengajarkan teman yang kesulitan memahami suatu materi, memberikan sumbangan kepada korban bencana, mengikuti kegiatan amal.
  • Belajar bersabar untuk menghadapi situasi sulit.
  • Memberikan dukungan, seperti memberikan pujian agar seseorang menjadi lebih percaya diri. Dukungan emosional juga dapat membantu orang lain melalui situasi sulit dengan cara memberikan nasihat atau menunjukkan simpati.
  • Menghargai dan menghormati orang lain karena setiap orang memiliki masalah yang berbeda-beda. Maka dari itu, kita tidak boleh cepat menyimpulkan bahwa masalah kita lebih berat daripada orang lain.

Praktik karuna memiliki beberapa manfaat, yaitu:

  • Mengatasi egoisme dan keserakahan : mengutamakan membantu orang lain yang sedang kesulitan. Sehingga, perhatian berlebihan terhadap diri sendiri dapat semakin berkurang.
  • Menumbuhkan rasa empati : memahami apa yang orang lain rasakan dan memahami sudut pandang orang lain supaya kita dapat memberikan respon yang tepat dalam situasi tertentu.
  • Menjadi pendengar yang baik : ketika seseorang sedang berbicara, kita tidak hanya mendengarkan saja, tetapi juga memahami apa yang mereka rasakan saat itu. Sehingga, lawan bicara akan merasa didengarkan dan dihargai. Dengan mendengarkan cerita orang lain, kita dapat menambah wawasan dan mendapat sudut pandang yang baru.
  • Pertumbuhan spiritual: kualitas cinta kasih secara universal akan semakin baik serta mampu melampaui batasan diri.

Karuna merupakan sikap belas kasihan untuk merasakan perasaan orang lain dan menolong orang sedang kesulitan. Dengan demikian, jika kita sering menerapkan Karuna dalam kehidupan sehari-hari, kita akan lebih peduli terhadap isu-isu sosial, memiliki respon yang tepat terhadap situasi tertentu, mampu mengerti perasaan orang lain, serta menjadi pribadi yang murah hati dan berjiwa besar.