Jarang Diketahui, Kulit dari Buah ini Memiliki Berbagai Manfaat!

Written by: Adella Gravita

Halo, teman-teman se-Dhamma! Kalian pasti sering makan buah, kan? Nah, jika makan buah, apakah kalian selalu membuang kulitnya? Jika iya, mulai detik ini hentikan tindakan tersebut. Kenapa? Hal ini dikarenakan beberapa buah memiliki kulit yang bisa dimanfaatkan, lho! Jadi, sayang sekali jika harus dibuang. Berikut pembahasannya, yuk disimak!

  • Kulit Apel

Kulit Apel memiliki kandungan yang menjadi zat baik bagi tubuh, di antaranya yaitu antioksidan, asam folat, quercetin, kalsium, dan flavonoid. Di mana, hal tersebut memiliki khasiat dalam melindungi dari serangan kanker, mengatasi anemia, kesehatan jantung, pencernaan, tulang, gigi, serta masih banyak lagi. Dari hal tersebut, membuktikan bahwa kulit Apel aman untuk dikonsumsi ya, dengan catatan cuci terlebih dahulu buahnya sebelum dimakan.

  • Kulit Semangka

Nah, untuk yang satu ini, kulitnya dapat diolah menjadi minuman! Kulit semangka memiliki kandungan asam amino alami yang disebut L-citrulline. L-citrulline sendiri bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada orang dewasa yang memiliki hipertensi serta meningkatkan kinerja atletik. Kalian bisa mengolah kulit ini menjadi smoothie atau ditambahkan ke dalam jus.

  • Kulit Alpukat

Jika kulit buah sebelumnya dapat dimakan ataupun diminum, kulit buah yang satu ini digunakan pada kulit. Di mana, kulit alpukat ini sangat bermanfaat dalam mengeksfoliasi kulit. Untuk menggunakannya, kalian cukup menggosokkan bagian dalam kulit ke kulit di beberapa area tubuh dan membiarkannya sekitar lima menit sebelum dibilas.

  • Kulit Lemon

Beberapa orang merasa buah Lemon memiliki rasa asam saat dimakan secara langsung. Namun, kulit buah ini memiliki manfaat yang sangat banyak, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Dalam kulit Lemon, terkandung vitamin C, senyawa pektin, potassium, dan antioksidan yang dapat mencegah kanker, menghilangkan racun, memperkuat tulang dan gigi, dan menurunkan kolesterol hingga berat badan. Menarik, bukan?

  • Kulit Pisang

Kulit Pisang sangat baik untuk kesehatan mata maupun mengatasi infeksi mata. Hal ini dikarenakan adanya kandungan lutein dan antioksidan pada kulit buah ini. Tidak hanya itu, kulit buah ini juga dapat dijadikan masker wajah, menghaluskan tumit yang pecah, dan masih banyak lagi!

Itulah pembahasan mengenai berbagai manfaat kulit beberapa buah di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua!

Adella Gravita